Pernyataan Lengkap Visi Misi BTM -YB di Debat Publik Pertama

Paslon gubernur dan wakil gubernur Papua nomor urut 1, Benhur Tomi Mano dan Yermias Bisai

Jayapura, Teraspapua.com – Pemaparan visi misi menjadi pembuka saat debat perdana pasangan calon (paslon) gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) Papua 2024, pada debat kandidiat pertama yang digelar KPU Provinsi Papua di hotel Aston Jayapura, Selasa (22/10/2024).

Paslon gubernur dan wakil gubernur Papua nomor urut 1, Benhur Tomi Mano dan Yermias Bisai (BTM-YB) terpantau menyampaikan visi misi dan program secara lengkap.

BTM mengatakan, sebelum menyampaikan visi misi, keduanya telah mengkaji isu-isu strategis dan faktual yang terjadi di Papua.

“Data pada hari ini menunjukkan angka tingkat kemiskinan 26,3 persen, di akhir kepemimpinan nanti, kami akan turunkan menjadi 21,20 persen,” kata BTM .

Lanjut BTM, tingkat pengangguran 2,7 persen, kami akan turunkan menjadi 1,2 persen.Dikatakan, indeks pembangunan manusia atau IPM saat ini 63,01 persen kami akan naikkan menjadi 68 persen.

Sementara angka harapan hidup dari 69,2 tahun naik menjadi 71,01 tahun dan, rata-rata lama sekolah dari 7,60 persen naik menjadi 13,25 persen. Ini akan kami jabarkan dalam visi misi program-program kami.

Sementara calon wakil gubernur Papua Yermias Bisai mengatakan visi BTM-YB, yaitu terwujudnya Provinsi Papua yang maju, mandiri dan berbudaya.

“Visi ini akan didukung oleh lima misi diantaranya, pelayanan pemerintahan yang prima, pembangunan ekonomi secara menyeluruh, peningkatan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, pembangunan infrastruktur dasar dan terciptanya ketentraman dan ketertiban di Provinsi Papua,” ujarnya.

Selain visi dan misi ada program-program unggulan yang dibagi atas tiga kategori; Yang pertama untuk kawasan Saireri kami akan mendukung dan mendorong terbentuknya Provinsi Papua Utara.

Yang kedua kami akan melaksanakan pembangunan di kawasan Saireri yang kita kenal dengan nama blue ekonomi.

“Kemudian di kawasan Tanah Tabi kami akan laksanakan pembangunan yang dikenal dengan nama green ekonomi,” ujarnya.

Selain itu BTM-YB, mempunyai program lintas sektor yaitu, pemberian makan gratis bergizi, selain itu terlibat aktif untuk menekan stunting, kemudian kemiskinan ekstrem.

BTM –YB juga mempunyai kartu “Papua Maju”. Terdiri dari kartu lansia, kartu disabilitas, kartu kesehatan plus, kartu pencari kerja, kartu tani dan kartu nelayan,” pungkasnya.

(zon)