PLN Gandeng Komunitas Rumah Bakau Tanam 1000 Pohon Bakau di Kawasan TWA Youtefa

Manager PT PLN UIW Papua dan Papua Barat, Budiono, didamping ketua komunitas rumah Bakau Jayapura, saat menanam anakan pohon bakau.

Jayapura,Teraspapua.com – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia, PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat gandeng Komunitas Rumah Bakau Jayapura, menanam 1000 anakan pohon Bakau di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) teluk Youtefa, Sabtu (15/6/2024).

Usai penanaman anakan pohon Bakau, General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono mengatakan kegiatan hari ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya kami lakukan kegiatan geberek sampah di Pantai cibey.

banner 325x300banner 325x300

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia,   ini sangat penting bagi kami. Dimana perusahaan kami ini sangat membutuhkan air untuk membangkitkan tenaga listrik,” terangnya Budiono kepada awak media.

Selain itu, kegiatan tanam anakan pohon bakau ini untuk menjaga lingkungan, dan pantai agar tidak abrasi, juga menjaga ekosistem yang ada di sekitar Youtefa ini semoga tetap asri, sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Budiono, tanah Papua ini merupakan paru – paru dunia, oleh sebab itu kita yang berada di Papua ini berhak menjaga dan melestarikan lingkungan kita.

Sementara itu anggota DPR Papua Yonas Nusi, memberikan apresiasi kepada PT PLN yang turut melihat lingkungan tempat dimana kita huni bersama.

“Apa yang dilakukan oleh PLN, ini merupakan upaya untuk memelihara lingkungan yang ada di TWA Youtefa,” kata Nusi.

Dijelaskan Nusi, inti dari pada kegiatan ini bagaimana kita menjaga lingkungan kita, tetapi juga penanaman pohon mangrove ini untuk melestarikan pohon ini sebagai sebuah tanaman yang dapat memberikan perlindungan terhadap abrasi pantai dan lingkungan.

Penyerahan rakit paralon, dari General Manager PT PLN UIW Papua dan Papua barat, kepada ketua komunitas rumah Bakau.

Ditempat yang sama, Ketua Rumah Bakau Jayapura, Gamel Abdel Naser menyambut positif di mana PTLN sudah mengandeng kami komunitas rumah Bakau dalam satu agenda pekan aksi PLN peduli lingkungan.

Menurutnya, kiat-kiat yang dilakukan oleh PLN ini, kami menganggap PLN sudah membersikan rumah dan dapur dari kampung Enggros.

Dijelaskan Gamel, sebelumnya pada tanggal 5 Juni kemarin kita sudah gebrek sampah di Pantai cibery, itu pertanda PLN sudah membersikan pintu rumah dari kampung Enggros.

“Kemudian hari ini kita menanam pohon bakau, ini membuktikan PLN sudah menjaga dapur dari Kampung Enggros, sebab kita tahu bahwa hutan bakau ini adalah dapur bagi masyarakat Enggros,” terangnya.

Ditambahkan Gamel, hari ini PLN juga memberikan bantuan rakit paralon, ini sangat bermanfaat bagi kami komunitas rumah Bakau untuk memungut sampah di kawasan Bakau yang ada di TWA Youtefa.

“Masih banyak PR yang belum kita selesaikan terkait lingkungan Kota Jayapura. Dirinya berharap bibit bakau yang hari ini kita tanam, semoga bisa mengisi pori-pori kecil bumi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar,” pungkasnya.