Seluruh Menajemen RSUD Abepura Bakal Gunakan Instalasi SIMRS

Jayapura, Teraspapua.com – Penandatanganan Pakta Integritas dilakukan RSUD Abepura, dalam rangka penerapan instalasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Jumat (28/06/2024).

Tujuan penandatanganan tersebut, untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme, kinerja, serta akses dan pelayanan di RSUD Abe.

banner 325x300banner 325x300

Dengan demikian, keseluruhan manajemen RS nantinya, mulai dari pelayanan diagnosa, tindakan pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, serta sistem komputerisasi, semuanya ada dalam SIMRS secara terintegrasi.

Pada kesempatan ini Direktur RSUD Abepura, Dr. Deasy Chostance Urbinas mengatakan, SIMRS  sesungguhnya sudah diterapkan di RS ini sejak tahun 2014.

Namun demikian kata Urbinas, penerapannya belum maksimal di semua unit kerja dan seluruh ruangan, baik rawat jalan, rawat inap maupun seluruh instalasi.

“Dengan adanya Pakta Integritas ini diharapkan, seluruh bagian di RSUD Abepura tanpa kecuali, sudah harus melaksanakan SIMRS.” Paparnya.

Dirinya menambahkan, nantinya rekam medik sudah bisa dilakukan secara elektronik, sehingga akhirnya  tidak lagi menggunakan  kertas.

Dikatakan, pelaksanaan komitmen bersama SIMRS disambut baik oleh semua unit kerja yanga ada di RS Abe, termasuk juga para dokter, yang sudah menyatakan siap dengan SIMRS ini.

Menurut Urbinas, SIMRS ini sangat membantu banyak hal. Untuk itu dirnya menargetkan paling lambat, bulan Oktober mendatang SIMRS sudah dapat digunakan di RSUD Abepura.

“Oktober paling lambat harus 100% jalan. Itu berarti tahun depan kita masuk di era baru, di mana budaya kerja baru, budaya elektronik berlaku di rumah sakit ini,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, ada beberapa keunggulan ketika menggunakan SIMRS. Diantaranya tata kelola klinis, tata dan tata kelola manajemen RS akan lebih tertib.

Disinggung terkait kendala yang dihadapi, Urbinas menyebut belum ada yang serius karena kuranya SDM di bidang IT.

“Tapi kini kita sudah punya tim IT yang tadi di SK-kan. Nantinya dia yang bertugas di setiap ruangan untuk pendampingan terus-menerus.” Pungkasnya.

(santy)