Dinas Perpustakaan Kota Jayapura Gelar Bimtek Aplikasi Srikandi

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), Rabu (10/07/2024).

Asisten III Setda Kota Jayapura, Nur Bi Aji saat membuka giat Bimtek tersebut mengatakan, aplikasi SRIKANDI ini dapat memenuhi kebutuhan pelayanan pemerintahan.

banner 325x300banner 325x300

“Diantaranya pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online, secara integritas, serta terekam pada pusat data nasional.” Ujarnya.

 

Dikatakan, SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah, sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan, berbasis elektronik.

“Aplikasi ini hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Kemenpan RB, Badan Siber dan Sandi Negara, serta Kementerian Kominfo.” Papar Nur Bi Aji.

Dirinya berharap aplikasi SRIKANDI dapat mensinergikan dan mewujudkan reformasi birokrasi, dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik, efektif dan efisien.

“Para peserta harus serius. Jangan hanya sekedar mengikuti saja, tetapi pahami apa yang akan disampaikan para pemateri tentang aplikasi ini.” Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jayapua, Ana Sabami selaku ketua panitia Bimtek menyebutkan, Bimtek tersebut bertjuan mematangkan penggunaan aplikasi SRIKANDI.

“Tujuannya agar peserta Bimtek dapat mengimplementasikan penggunaan SRIKANDI di OPD masing-masing.” Terang Ana.

Bimtek SRIKANDI tahap II ini lanjut Ana, diikuti 62 peserta yang berasal dari 30 OPD, yang terdiri dari Kasubag Umum dan Kepegawaian, Staf Admin, serta Staf Administrasi.

(santy)