Wakapolda Papua Launching Website Bakhpua

Jayapura,Teraspapua.com – Wakapolda Papua, Brigjen PolBrigjen Pol Eko Rudi Sudarto secara resmi launching webside Badan Koordinasi Humas Papua (Bakhpua).

Acara yang diinisiasi oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, mengusung tema “Strategi Komunikasi Bakohumas, Guna Mendukung Percepatan Pembangunan di Papua”, berlansung di Hotel Aston Jayapura, Kamis (15/07/2021).

Turut hadir dalam kegiatan, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Asisten II Bidang Kesra Sekda Provinsi Papua Muhammad Musaad, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, Kadis Kominfo Papua Jeri Agus Yudianto, Dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Papua Rhidian Yasminta Wasaraka, dan para Pejabat Utama Polda Papua, Perwakilan Pers Media/Telekomunikasi, Kominfo Papua, BUMN dan Pemuda-pemudi Millenial.

Diera globalisasi masa kini kita dihadapkan dengan berbagai dinamika dan fenomena, namun jika ditangani dengan tepat dan bersama-sama maka kita dapat kendalikan dan tangani dengan baik dan jika tidak bisa ditangani maka akan menjadi problem, ujar Wakapolda Papua Rudi Sudarto.

Dijelaskannya, kita adalah agensi membangun, agensi menjadi satu struktur maka disebut dengan dualitas, dalam dualitas tercipta komunikasi stimuli, organism dan respond. Apa yang kita bentuk ini adalah suatu struktur dimana dalam pembentukannya diisi oleh agensi yang kuat, agensi yang kuat dapat membangun struktur kuat dan baik, dapat menciptakan struktur lainnya.

Menurutnya, agensi yang baik dapat membangun struktur dualitas yang kuat. Dalam problematika dunia baik kejahatan interpersonal maupun permasalahan lainnya, yang kita hadapi itu lah harus memiliki wadah untuk menghadapinya.

Oleh sebab itu, agensi-agensi itu harus diwadahi melalui suatu struktur organisasi yang kuat, tandasnya.

Sementara itu, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengatakan, kita ketahui bahwa dunia kita adalah pada era telekomunikasi, tidak bisa dipungkiri bahwa kita bergantung pada internet.

Perkembangan teknologi diciptakan dan dikembangan dengan seefektif mungkin, bahkan pada era saat ini informasi dapat dijadikan senjata, katanya.

Dijelaskannya, publik menjadi semakin sulit untuk membedakan mana informasi yang benar dengan yang tidak atau Hoax. Adanya dampak pemanfaat media sosial dapat menyebabkan fragmentasi sosial.

Seperti yang kita ketahui bagaimana mereka mempropagandakan kita antara TNI/Polri dengan masyarakat di pegunungan, sehingga sangat diperlukan wadah untuk mengkoordinir informasi melalui Humas/media informasi, ujar Trisnohadi.

Dengan terbentuknya wadah ini diharapkan dapat membendung informasi yang tidak benar, sehingga masyarakat dapat mudah mengetahui informasi yang benar, tepat dan akurat.

Strategi secara internal harus dilaksanakan secara langsung di lapangan oleh kehumasan, melakukan koordinasi dan evaluasi secara berkala serta kejelasan dalam penganggaran dan revitalisasi serta kordinasi antara tingkat Pemerintah Pusat, Mabes TNI/Polri dengan internasional, tukasnya.

Masih ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal, menjelaskan Bakohumas adalah wadah keluarga besar Humas Papua, sebagai wadah atau badan koordinasi Humas.

“Dengan wadah kita dapat bekerja dalam pelaksanaan kehumasan, sehingga dapat terkendali dengan baik”, terang Kamal.

Dirinya pun harap, setelah melaunching website Bakohumas Papua ini, dapat mempermudah akses memberikan informasi yang benar terhadap masyarakat, pungkasnya.

(Matu)