Sekjen Kwarnas Lantik 3 Kepengurusan Gerakan Pramuka Provinsi Papua

Jayapura,Teraspapua.com – Sekretaris Jendral (Sekjen) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka,  Bachtiar Utomo, yang mewakili Ketua Kwarnas, Budi Waseso, melantik 3 kepengurusan Gerakan Paramuka Provinsi Papua, priode 2020-2025.

Adapun tiga kepengurusan tersebut yakni, Majelis pembimbing daerah gerakan Pramuka Papua diketuai oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, kemudian Kwartir daerah gerakan Pramuka Papua diketuai oleh  Kristhina Luluporo dan Lembaga pemerikasaan keuangan gerakan Pramuka Papua, diketuai oleh Christian Sohilait.

Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Sasana Krida kantor Gubernur Papua, Senin (1/8/2022).

Sekjen Kwartir Nasional gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, mengatakan seluruh gerakan Pramuka di Papua tetap berpegang teguh kepada arahan Bapak Presiden RI selaku ketua majelis pembimbing Nasional gerakan Pramuka.” Agar seluruh gerakan Paramuka untuk dapat menjalankan kedipilanan nasional yaitu terhadap protokol kesehatan dan mengajak siapa saja untuk dapat mematuhi protokol kesehatan.

“Disamping itu bapak Presiden Republik Indonesia selaku Kamabinas juga telah menekankan, untuk dapat mengembangkan gerakan kepedulian nasional. Diharapkan para Pramuka di Papua dapat diajak untuk peduli, menaruh empati dan simpati dan siap untuk membantu masyarakat yang terkena dampak akibat covid-19,” imbuhnya.

Meskipun masih dalam situasi pandemi, sekjen Kwartir nasional gerakan Pramuka, berpesan jangan menyurutkan semangat tetapi harus dapat mengembangkan kegiatan kepramukaan di tanah Papua.

Lebih lanjut dijelaskan Bacthiar, pelantikan hari ini adalah untuk melengkapi dengan telah diterbitkannya SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, terkait pengurus majelis pembimbing daerah, Kwartir daerah dan lembaga Pemeriksa Keuangan masa bakti 2020-2025.

“Dalam pelantikan tadi Kakak-kakak telah mengucapkan Trisatya kepramukaan dan Ikrar, saya berharap agar Trisatya sebagai salah satu kode kehormatan seorang Pramuka dan Ikrar sebagai janji kita, itu dapat diwujudkan secara nyata baik dilingkungan Parmuka maupun dalam keseharian kita sebagai warga negara Indonesia,” tegasnya.

Bacthiar pun berpesan, setelah dilantik Kakak-kakak dapat segerah menjalankan roda organisasi gerakan Pramuka di Papua ini dengan sebaik mungkin.

Karena kegaiatan besar telah menanti kita, yaitu Jambore Nasional ke XI di Cibubur yang akan berlangsung pada tanggal 14 – 21 Agustus 2022, dan masi kegiatan-kegiatan nasional lainnya, tandas Kakak Bacthiar.

Saya berharap agar Kwarda Papua dapat berpartisispasi dan mengirimkan kontingen terbaiknya untuk mengikuti agenda Nasional kepramukaan tersebut,” tutup  Bachtiar Utomo.

Kepada kakak-kakak pengurus yang baru dilantik hendaklah kakak-kakak terus megembangkan Pramuka di tanah Papua, agar nantinya dapat menciptakan generasi muda yang mempunyai karakter mencintai tanah air yang tidak diragukan lagi, ujar Staf ahli Elsye Rumbekwan, membacakan sambutan Gubernur Papua.

Lebih lanjut gubernur berpesan agar kakak – kakak teruslah dan selalu memperkaya diri dengan belajar menimba ilmu pengetahuan di semua sendi kehidupan, dan jadilah Pelopor perubahan dalam dunia kepramukaan.

“Terus berinovasi dalam meningkatkan keterampilan, dan terus memandu untuk menjadi pemandu, yang dipercaya dengan moto mengabdi tanpa henti,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, gubernur juga berpesan, gerakan Pramuka harus mengutamakan persaudaraan, dan dapat membangun komunikasi baik ke atas maupun ke bawah di semua Kwartir cabang. Dan berusaha menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan, baik kepramukaan maupun dunia pendidikan pada khususnya.

Kakak-kakak harus menjadi agen perubahan perilaku jauhkan perbedaan yang dapat mengganggu hubungan baik antara sesama. karena Pramuka mengedepankan persaudaraan dan persatuan. Ciptakanlah suasana yang kondusif Di negeri ini dimulai dari anggota pramuka, tandasnya.

Ketua Kwartir daerah Papaua gerakan Pramuka Kristhina Luluporo mengatakan, walaupun kami dipandang sebela mata sampai saat ini Kwartir gerakan Pramuka Papua, tetap berjalan.

“Kami tetap optimis, organisasi kami ini adalah organisasi yang menyiapkan generasi muda yang berkualitas. Jadi meski kami dipandang dengan sebela mata tetapi kami yakin tetap jalan,” terang Kakak Kristhin.

Karena, lanjut Kristhina, Kakak-kakak pembina yang ada sekolah-sekolah sebagai gugus depan, mereka akan bekerja agar organisasi ini akan tetap berjalan. Oleh sebab itu gerakan Pramuka di Papua, sesusah dan sesulit apapun kami tetap optimis tetap berjalan.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga berterimakasih kepada Gubernur Papua, selaku ketua majelis pembimbing yang sudah melantik dan memberikan fasilitas sehingga acara ini dapat berjalan dengan segala baik.

Kami berharap kedepan, kami tetap difasilitasi untuk agenda kegiatan nasional maupun daerah,”pungkasnya.

(tp-02)