Polda Papua Rubah Pola Penanganan KKB

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Jayapura,Teraspapua.com – Kepolisian daerah Papua akan merubah pola penangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Mengingat tingkat aksi teror KKB yang makin brutal pasca penyanderaan pilot Susi air, Kapten Philips, ujar Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri, Jumat (28/4/2023).

banner 325x300banner 325x300

”Saya hari minggu akan segera ke Timika dan akan menggelar pertemuan dengan beberapa Satgas hukum yang ada disana, juga akan kami undang Bupati dan beberapa tokoh adat dan tokoh masyarakat guna membahas langkah penegakan hukum bagi KKB,”ungkap Kapolda.

Menurut Jenderal bintang dua tersebut, langkah penegakan hukum akan diambil guna mempersempit ruang gerak KKB, termasuk melakukan tindakan tegas bagi Kelompok tersebut.

“Kita betul-betul tidak boleh lagi memberikan ruang bagi mereka (KKB) untuk melakukan aksi kejahatan yang bukan hanya merugikan masyarakat sipil tapi juga merengut nyawa aparat keamanan yang bertugas,” tegasnya.

Dirinya juga menegaskan siap menindak siapa saja yang menjadi bagian dari pergerakan KKB, baik itu yang terlibat langsung maupun yang berada di balik layar dari pergerakan KKB.

”Langkah penegakan hukum ini akan kita laksanakan namun negoisasi juga masih terus berlanjut. Intinya sekarang kita siap laksanakan operasi penegakan hukum, jadi saya ingatkan siapapun dia yang ada di dalam wilayah operasi penegakan hukum itu tentunya akan kita tindak,” tandas Kapolda