Syukuran HUT ke-31, Tukang Ledeng Jayapura Harus Mampu Menjawab Tantangan Pelanggan

Jayapura, Teraspapua.com – Upacara internal digelar PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), sekaligus acara syukuran, dalam rangka ulang tahun ke-31. Yang diikuti jajaran direksi dan seluruh karyawan, PT. AMJ RN (Perseroda), Selasa (20/6/2023).

Bertindak selaku inspektur upacara, Komisaris Utama PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), Rustan Saru, yang dalam sambutannya mengatakan. Perusahaan telah berubah menjadi badan hukum Perseroda.

banner 325x300banner 325x300

“Untuk itu, perubahan tersebut tidak dimaknai sebagai pergantian nama atau ganti logo saja. Namun lebih dari itu, segenap Tukang Ledeng Jayapura, harus mampu menjawab tantangan dari pelanggan untuk memberikan pelayanan terbaik,” ujar Rustan Saru.

Dalam kesempatan tersebut, Rustan Saru, atas nama pemerintah kota dan kabupaten Jayapura, mengapresiasi pencapaian kinerja sehat PT. AMJ RN, sesuai hasil audit BPKP Provinsi Papua bulan April 2023.

Entis Sutisna selaku Direktur Utama PT. AMJ RN (Perseroda), kepada sejumlah awak media mengatakan. Di usia yang ke-31 tahun, sekalugus tahun pertama untuk PT. AMJ RN (Perseroda), banyak yang masih harus dibenahi. Salah satunya, adalah tingkat kebocoran yang masih tinggi, yakni 35 persen dari total yang difungsikan.

“Ini akan menjadi PR kami, untuk membenahi dan menurunkan angka kebocoran.” janjinya.

Dikatakan, saat ini hutang pelanggan selama 3 tahun, sudah mancapai angka Rp31 Miliar. Sehingga, pihaknya akan bekerjasama dengan Polresta Jayapura kota dan Kejaksaan Negeri Jayapua, untuk menindak pelanggan yang membandel.

“Memang hutang kita sudah capai Rp31 Miliar. Dan ini menjadi tugas kami, dan kami akan membentuk enam regu pemutusan, untuk melakukan penyisiran pelanggan yang menunggak. Dan juga Polresta dan Kajari Jayapura, untuk menindak pelanggan yang bandel.” Tegas Sutisna.

Terkait cakupan pelayanan, Entis mengakui, jika cakupan pelayanan masih rendah. Untuk itu, pihaknya akan berkonsentrasi pada wilayah-wilayah, yang saat ini memungkinkan ada ideal capacity. Dikatakan, saat ini ada ideal capacity yang akan digunakan di Muara Tami.

Selai itu sosok yang mampu membuat perubahan ini menyebutkan, tahun ini PT. AMJ RN memberikan kontribusi PAD tertinggi, dalam sejarah berdirinya perusahaan ini.

“Tahun ini kita total menyetor Rp1,2 Miliar, kepada pemerintah kota dan kabupaten Jayapura. untuk kota Jayapura, kita akan menyetor Rp600 Juta, dan untuk kabupaten Rp600 Juta,” terangnya.

Hal ini membuktikan bahwa, kita juga bisa memberikan sebuah hasil maksimal, untuk pemerintah daerah, bukan saja soal kotribusi air bersih.” Tambahnya..

Ditempat yang sama, Rustan Saru menyebutkan, pemerintah daerah memberikan tanggungjawab kepada PT. AMJ RN (Perseroda), untuk menjalankan bisnis dan pelayanan. Untuk itu diharapkan, untuk bekerja seprofesional mungkin.

“Kita berharap kepada seluruh tukang ledeng, mulai dari Direktur Utama hingga bawahan, agar bergerak seoptimal mungkin secara profesional, memberikan yang terbaik kepada masyarakat.” Ujar Rustan Saru.

Mantan Wakil Wali Kota Jayapura ini menambahkan, kepuasan pelanggan juga perlu diperhatikan, karena menyangkut dengan pelayanan publik.

“Kita berharap, dengan usia 31 ini, PT. AMJ RN sudah semakin dewasa, sehingga memberikan terbaik, dalam bisnis dan pelayanan, kepada pemerintah daerah dan masyarakat.” Pungkasnya.