Bhakti Karya Pamong di Kampung Yoka, IKAPTK Berikan Makanan Tambahan Bergizi bagi Balita

Jayapura, Teraspapua.com – Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Jayapura melaksanakan Bhakti Karya Pamong di Kampung Yoka, Distrik Heram, Sabtu (25/11/2023)

Sejumlah kegiatan dilakukan seperti, pemberian makanan tambahan bergizi kepada balita, demonstrasi membuat nugget dari bahan lokal yaitu ikan gastor, hinggah penyerahan sembako kepada mama-mama janda dan penyandang disabilitas.

banner 325x300banner 325x300

Komisioner V DPN – IKAPTK, Dr Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutan mengatakan, hari ini Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan istri-istri mantan camat dan para camat hadir di Yoka, kampung peradaban, yang melahirkan pemimpin-pemimpin di tanah Papua.

“Yoka merupakan kota peradaban, kota yang bersejarah yang tidak akan dilupakan oleh siapapun,” terang Benhur.

Saya dilahirkan dari kampung Yoka sebagai pemimpin dan dari yang terendah, camat, kepala dinas, Wali Kota hinggah di Kementrian,” tuturnya.

Dikatakan, Pengabdian seorang pamong praja, harus dekat dengan masyarakat, yang kurang sehat, sakit kita bantu, tolong dia supaya kuat.

“IKAPTK akan turun di 14 Kampung yang ada di kota Jayapura, dan Yoka sudah yang kedua kali. Kita ke Kampung Skouw Yambe, Kampung Skouw Sae, dan Kampung Skouw Mabo dan semua kampung lain,” bebernya.

Ditambahkan, ada hal-hal yang tidak disentuh oleh pemerintah, maka IKAPTK bagian dari pemerintahan ini kita turun ke masyarakat. Inilah wujud pengabdian kita sebagai seorang pamong praja kepada masyarakat

Sementara Penjabat Wali kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert Merauje mengatakan, saat ini isu mengenai kemiskinan, penanganan stunting dan penanganan inflasi menjadi isu utama skala prioritas pemerintah secara nasional termasuk di pemerintah kota Jayapura.

“Pemerintah kota Jayapura terus melakukan intervensi pembangunan di berbagai sektor kehidupan masyarakat, di berbagai tempat seluruh pelosok kota Jayapura dilaksanakan di daerah perkotaan pembangunan juga diarahkan ke berbagai wilayah kampung,” ujarnya.

Dikatakan, IKAPTK sebagai wadah berhimpun para pamong yang mengabdi kepada pemerintah bangsa dan Negara, baik pada saat menjadi ASN, maupun purna tugas tentu merasa terpanggil untuk ikut melakukan upaya menangani isu yang ada dan turut melakukan intervensi pembangunan kepada seluruh masyarakat yang ada di kota Jayapura.

“Saya tentu saja sangat mengapresiasi kegiatan yang akan dilakukan oleh IKAPTK, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab membantu pemerintah kota Jayapura,” tandasnya.

Sementara Ketua IKAPTK Kota Jayapura Raymond J. W. Mandibondibo, S.Sos, M.Si, pihaknya akan berkunjung dari kampung ke kampung yang ada di kota Jayapura.

“Mendampingi, memberikan penguatan di kampung-kampung. Kita mulai dari Kampung Yoka, karena dari Yoka ada alumni APDN yang telah berganti nama menjadi IPDN,” jelasnya.

Kegiatan pagi ini kita akan memberikan bahan makanan, paket makanan sehat dan juga demonstrasi membuat nugget dari bahan lokal yaitu ikan gastor,” pungkasnya.

(Har)