<

Atasi Pengangguran, Pemkot Jayapura Gelar Pelatihan Security Untuk Anak Papua

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat, bekerja sama dengan PT. Soney Raya dan Binmas Polda Papua, menggelar Pelatihan Jasa Pengamanan Security (Diksar) Satpam Garda Pratama Angkatan ke-III.

Sebanyak 57 peserta yang merupakan anak Orang Asli Papua (OAP), turut ambil bagian dalam pelatihan yang dibuka oleh Penjabat (Pj). Sekda kota Jayapura, Robby Kepas Awi, yang berlangsung di Kompleks Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Base G, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Senin (26/2/2024).

Pada kesempatan ini, Robby Awi menyebutkan, dalam menciptakan lapangan kerja baru, diperlukan peningkatan kualitas dan keterampilan, serta profesionalisme tenaga kerja, agar memiliki daya saing kompetensi dan menjadi tenaga kerja yang produktif.

Sehingga kata dia, dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kesenjangan antar sektor, serta meningkatkan produktivitas kerja yang berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan.

“Untuk itu, melalui pelatihan keterampilan ini diharapkan, dapat mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai,” tandasnya.

Kepada para peserta, Robby Awi berpesan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Ikuti kegiatan ini dengan serius, serta patuh pada aturan hingga selesai kegiatan. Sehingga ke depan, peserta pelatihan dapat terserap dalam dunia kerja.” Tegas Robby Awi.

Ditempat yang sama, pimpinan PT. Soney Raya, Aplena Samber selaku pelaksana pelatihan mengatakan. Program pelatihan pendidikan dasar bagi security ini, diharapkan menjadi primadona, guna mengatasi pengangguran di kota Jayapura secara khusus maupun Papua secara keseluruhan.

Dirinya menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, maka anak-anak Papua harus siap untuk ditempatkan di mana saja.

“Kita punya harapan khusus untuk kota Jayapura pasti akan agak terkendala. Tapi kalau mereka bersedia untuk ditempatkan di daerah lain, maka semua pasti terserap.” Papar Samber.

Sementara itu, kepala Disnaker kota Jayapura, Ddjoni Naa, dalam laporannya menyebutkan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut, guna meningkatkan keterampilan jasa pengamanan bagi para pencari kerja di kota Jayapura.

Selain itu kata dia, kegiatan ini juga dalam rangka menyiapkan tenaga kerja kota Jayapura, yang siap pakai pada bidang yang dilatih, serta mengurangi angka pengangguran di kota Jayapura, khususnya para pencari kerja.

“Untuk instruktur Security Diksar Satpam Garda Pratama angkatan ketiga ini, berasal dari Polda Papua melalui Direktorat Binmas Polda.” Pungkas Djoni Naa.

(elo)