<

Pemkot Jayapura Apresiasi Santunan Lebaran Yang Disalurkan Baznas Kota

Jayapura, Teraspapua.com – Adanya bantuan berupa Santunan Lebaran, dapat membantu sisi perekenomian, serta memberikan motivasi tersendiri bagi penerima bantuan tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Inspektorat kota Jayapura, Muklis Karim, dalam giat distribusi Santunan Lebaran 1445H/2024 M sekaligus penguatan peran Unit Pengelola Zakat (UPZ) Masjid se kota Jayapura, yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jayapura, Sabtu (30/3/2024).

Muklis Karim yang mewakili Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pekey, memberikan apresiasi kepada Baznas kota Jayapura, yang telah membagikan santunan lebaran bagi yang membutuhkan.

“Saya sangat mendukung, karena ini merupakan wujud nyata kepedulian kita kepada masyarakat.” Ujarnya.

Dirinya mengatakan, kegiatan seperti ini hendaknya terus dilaksanan oleh Baznas kota Jayapura, serta momentum ini terus dipelihara, agar keimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta terus meningkat.

“Karena bantuan yang diberikan bukanlah persoalan  utama. Namun niat dalam mengasihi sesama, tentunya akan menjadi teladan,” papar Muklis.

Selain itu dikatakan, sosialisasi yang akan diberikan bagi pengelola zakat sangat penting, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 11 tahun 2003, serta mengacu pada Edaran Walikota Jayapura tentang pengumpulan zakat, infaq dan sedekah, melalui Baznas kota Jayapura.

“Saya harap sosialisasi ini berjalan baik, sehingga dalam pengelolaan zakat dapat berjalan dengan baik pula.” Pungkas Muklis.

Sementara itu Kepala Baznas Kota Jayapura, H. Alwy Tenlean menyebutkan, Santunan lebaran tersebut nantinya akan didistribusikan oleh UPZ yang ada di Masjid-masjid se kota Jayapura.

Selanjutnya kata kepala Baznas, para pimpinan UPZ nanti yang selanjutnya menyerahkan bantuan tersebut kepada jamaah yang kategori Mustahik, atau orang yang layak untuk diberikan bantuan.

Dikatakan, total ada 150 paket Santunan Lebaran yang akan dibagikan kepada 150 Masjid yang ada di kota Jayapura.

“Jadi kami berikan kepada ketua pengurus Masjid satu paket, nanti mereka yang akan meneruskan kepada Mustahik.’ Ujarnya.

Selain paket Santunan Lebaran tambah H. Alwi, Baznas kota Jayapura juga akan membagikan Beras Idul Fitri sebanyak 1500 karung.

“Kami dari Baznas kota juga ada Beras Idul Fitri sebanyak 1500 karung isi 5 liter, yang akan kami bagikan kepada seluruh Mustahik.” Pungkasnya.

(elo)