Rocky Bebena Dilantik Jadi Ketua DPD Ikatan Keluarga Kalwedo Provinsi Papua

Jayapura, Teraspapua.com – Rocky Bebena, S.Pd, M.Pd, resmi dilantik sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Kalwedo (IKK) Provinsi Papua periode 2023-2028, berdasarkan SK Dewan Adat IKK Provinsi Papua Nomor : 001/DA-IKK/P/IV/2024.

Bebena dilantik bersama kepengurusan DPD IKK Provinsi Papua lainnya, oleh Wakil Ketua I IKK Provinsi Papua, Ir. Pietje Leimeheriwa, MM, di hotel Horison Kotaraja Jayapura, Minggu (21/4/2024).

Pelantikan tersebut selain dihadiri tokoh adat dan warga Maluku Barat Daya (MBD), juga dihadiri oleh pemerintah Provinsi Papua, ketua DPRD Kota Jayapura dan pemerinta Kota Jayapura.

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Kepala Kesbangpol Provinsi Papua, Musa Isid, S.Sos, M.PA mengatakan, amanat organisasi telah dijalankan dengan terpilihnya kepengurusan baru periode 2023-2028.

Dimana kata Musa, pengurus telah dilantik dan dikukuhkan dihadapan para leluhur dan seluruh warga Kalwedo

“Saya atas nama Gubernur Papua, memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada DPD IKK Provinsi Papua,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, IKK Provinsi Papua tidak boleh berleha-leha dengan kondisi yang ada, namun harus berbenah diri secara organisasi, mandiri dan menciptakan ide-ide baru, berinovasi serta kreatif dalam pengembangan organisasi.

“Harapan saya setelah pelantikan ini, IKK dapat memberikan kontribusi nyata, membantu pemerintah dalam membangun Provinsi Papua yang kita cintai ini.” Pungkas Musa.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat IKK Papua, Alfon Derku, S.Sos, S.Pd, MMPd menegaskan, agar kepengurusan IKK yang baru dilantik untuk seceptanya bekerja sesuai Keputusan Musda.

“Kami mengharapkan supaya secepatnya sudah bekerja, untu membentuk pengurus-pengurus cabang di kota Jayapura, maupun di kabupaten Kerom dan kabupaten Jayapura,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Dewan Adat IKK ini mengingatkan pengurus, bahwa dalam IKK Provinsi Papua hadir untuk melayani masyarakat di tanah Papua, sesuai dengan tujuan organisasi.

Oleh karena itu, dirinya berharap adanya  kerjasama dari semua jajaran kepengurusan IKK dan Dewan Adat.

“Sehingga dalam waktu dekat, dapat membentuk pengurus-pengurus yang ada di cabang.” Tandas Musa.

Sementara itu, Ketua IKK Provinsi Papua yang baru dilantik, Rocky Bebena menyebutkan, pelantikan tersebut harusnya dilaksanakan pada tahun kemarin, sesuai keputusan Musda IKK.

Namun karena bersamaan dengan beberapa agenda di Natal dan Pemilu, serta Paskah, sehingga pelantikan baru bisa dilaksanakan.

Dikatakan IKK merupakan organisasi berbasis adat dan budaya, yang program kerjanya lebih banyak kepada kegiatan sosial kemasyarakatan dan  ibadah.

“Ini termasuk organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, untuk membantu warga  kalau ada bencana biasanya kita bikin aksi.” Jelas Rocky.

Dirinya mengatakan, paguyuban IKK Papua sudah berdiri sejak 25 Oktober 1975, dan dirinya kini menjabat sebagai ketua IKK yang ke-10.

Kedepannya kata Rocky, kepengurusan ini akan segera membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IKK, baik di kota Jayapura maupun di delapan 8 kabupaten yang lainnya di Provinsi Papua.

Pada kesempatan ini, Rocky Bebena mengajak warga MBD yang ada di tanah Papua, untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan di Papua.

“Saya berharap, seluruh warga Kalwedo di tanah Papua, bisa menjaga kerukunan. Dan yang paling penting juga adalah, bisa berkontribusi dalam memajukan Pembangunan di Papua.” Tandasnya.

(elo)