Peringati Hari Patriotik 23 Januari ,Wali Kota Jayapura Pimpin Ziarah KKIG Ke TMP Waena

Tampak Walikota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano.MM dan ketua DPD KKIG Provinsi Papua.DR.Merlan S.Uloli.SE.MM,melakukan penaburan bunga (foto Harley).

Jayapura,Teraspapua.com – Walikota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano.MM ,memimpin Ziarah Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora Waena kota Jayapura Papua.Kamis (23/1/2020).

Ziarah yang baru pertamakali dilakukan KKIG ini,tentu dalam rangka memperingati hari Patriotik 23 Januari ke – 78 tahun 2020.

banner 325x300banner 325x300

Pantauan media ini turut dalam ziarah,ketua DPD KKIG Provinsi Papua.DR.Merlan S.Uloli.SE.MM ketua DPC KKIG kota Jayapura.Alex Deu .S.Pd.M.Pd serta pengurus dan warga Gorontalo.

Ziarah diawali dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu,selanjutnya dilakukan penaburan bunga oleh Walikota BTM,diikuti oleh ketua DPD KKG Provinsi Papua dan ketua DPC kota kota Jayapura, pengurus dan warga KKiG.

Wali Kota Jayapura,Dr.Benhur Tomi Mano,MM usai memimpin Ziarah menyebutkan momen ini dalam rangka memperingati perjuangan pahlawan  Gorontalo, dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

 “ Nilai-nilai perjuangan dari seorang Nani Nani Wartabone, tidak akan dilupakan dan akan dikenang seorang Prajurit, pejuang yang tangguh , profesional loyalintas dan dedikasi yang tinggi dalam membela rakyatnya “tutur BTM.

 Lanjut BTM,nilai-nilai perjuangan ini harus diteruskan oleh keluarga kerukunan Indonesia Gorontalo yang ada di Papua.

Karena ini merupakan salah satu wujud nyata nilai-nilai perjuangan itu harus tertanam dalam Sanubari warganya Gorontalo  yang ada di tanah Papua kota Jayapura dan sekitarnya “katanya.

Ditambahkan,hal ini juga untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme kebangsaan, rasa persatuan dan kesatuan, rasa perjuangan, senasib dan sepenanggungjawab sebagai orang-orang Gorontalo di tanah Rantau “urianya.

Saya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh  warga Gorontalo  di seluruh 28 Kabupaten di tanah Papua,karena dengan semangat patriotik mereka mengisi pembangunan di segala bidang.

Tentu dalam meningkatkan sumber daya manusia dan juga ikut peduli memberikan sumbangsih bagi pembangunan di tanah Papua.

 “ Saya Walikota Jayapura menyampaikan terima kasih atas dedikasi, semangat juang  warga Gorontalo yang ada di tanah Rantau “ pungkasnya.

Sementara itu ketua DPD KKIG Provinsi Papua.DR.Merlan S.Uloli.SE.MM,juga menjelaskan tanggal 23 Januari 1942, tiga tahun sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan.

Dimana Nani Wartabone dan seluruh rakyat Gorontalo berhasil mengusir penjajah dan sudah menyatakan kemerdekaan dan bebas dari penjajahan bangsa manapun “ujarnya.

Untuk memaknai itu kata Merlan,KKIG untuk pertamakali melakukan ziarah ke TMP Waena,sementara di Gorontalo sendiri ziarah langsung di makam pahlawan Nani Wartabone.

“ Ini adalah suatu kebanggaan bagi kami dimana Walikota Jayapura memimpin langsung ziarah,sebagai bukti mensuport seluruh program program yang dilaksanakan oleh seluruh kerukunan, paguyuban yang ada di kota Jayapura termasuk KKIG. “ ungkapnya.

Merlan juga mejelaskan ,kalau dulu orang mengusir penjajah dengan berperang ,namun saat ini kami mencontohkan perjuangan Nani Wartabone, dengan mengisi kemerdekaan dengan berbaga kegiatan-kegiatan yang positif.

 “ Kita sudah lakukan kegiatan seperti warga Gorontalo berbagi dengan petugas kebersihan Kota kemudian makan sumbang ,dengan memperkenalkan kuliner khas Gorontalo Kepada seluruh masyarakat kota Jayapura “ Kata Kadispendukcapil itu.

Nantinya seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan penanaman pohon,di wilayah perbatasan RI-PNG, bersama Satgas Pamtas 713 / Gorontalo sebagai bukti KKIG peduli terhadap lingkungan “tandasnya.

(Let).