banner 728x250

Sidak BPOM Jayapura Takjil Aman Tidak Mengandung Bahan Berhaya

  • Bagikan

Jayapura,Teraspapua.com – Dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, khususnya saat Bulan Remadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di jayapura melakukan intensifikasi pengawasan pangan dan takjil salama 6 minggu mulai tanggal 5 April – 21 Mel 2021.

Pelaksanaan kegiatan pengawasan dilakukan bersinergi dengan OPD terkait di seluruh Kota/kabupaten di Provinsi Papua, ungkap Kepala Balai BPOM Mojaza Sirait kepada sejumlah awak media dalam acara konfresi perss di kantor setempat, Senin (10/05/2021).

banner 325x300

Dijelaskannya, sasaran pengawasan adalah gudang distributor dan gudang pengecer, retail (toko/warung, supermaket, pasar tradisyonal) penjual parsel dan penjual takjil dengan target pengawasan untuk pangan olahan yaitu pangan tanpa Ijin edar (TIE), pangan olahan kadaluwarsa, pangan rusak (laleng penyok/berkarat).

Kemudian pengawasan untuk takjil adalah difokuskan pada 4 parameter bahan berbahaya yang sering disalahgunakan ditambahkan pada pangan, yaitu formalin, boraks, pewarna rhodarime B dan methanil yellow.

Untuk pengawasan percel, adalah produk pengan yang mempunyai masa simpan kurang dari 6 bulan, dilarang menyisipkan produk pangan mengandung babi dan minuman yang mengandung alkahol, ujarnya.

Lanjut kata Sirait untuk takjil, kami Balai Besar POM di jayapura telah disampling dan diuji 439 sampel dari kota jayapur, kabupaten jayapura, dan Kabupaten Keerom dengan hasil tidak ditemukan takjil yang mengandung bahan berbahaya.

Ditambahkan Sirait dalam sidak takjil memang tidak ditemukan zat berbahaya, namun ada beberapa pedangan kurang kebersihan, baik perelatan maupun cara penyajiannya.

Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada masyarakat khususnya penjual takjil agar kedepannya, dapat memperhatikan kebersihan saat penyajian maupun peralatan yang digunakan saat menjual barang dagangannya, tukas Sirait.

(Matu)

  • Bagikan