banner 325x300

Dekranasda Kota Jayapura Serahkan Bantuan Hibah Mesin/ Peralatan Dan Bahan Baku kepada 124 Pelaku Usaha

  • Bagikan

Jayapura, Teraspapua.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jayapura menyerahkan bantuan hibah mesin/ peralatan dan bahan baku kepada pelaku usaha kerajinan, Kamis (12/8). Bertempat di parkiran utama kantor Wali Kota Jayapura.

Wali Kota, Dr. Benhur Tomi Mano, MM menyerahkan bantuan itu yang diwakili oleh Wawali, Ir. H. Rustan Saru, MM. Penyerahan diawali dengan penandatanganan berita acara oleh 4 perwakilan pelaku usaha.

“Dengan bantuan ini, memacu motivasi, kreativitas dan kerja keras dari seluruh pelaku usaha agar bisa tumbuh dan berkembang,” kata Wawali saat menyampaikan sambutan Wali Kota.

Agar kedepan lanjutnya, bisa meningkatkan perekonomian, baik di keluarga dan kota Jayapura. Ini perlu didukung oleh pemerintah kota dan Dekranasda agar terus berkembang.

“Pelaku usaha kerajinan yang menerima bantuan hari ini agar semakin tekun mengelola usahanya,” pesan Wali Kota.

Sehingga, dapat berkembang dengan baik, mandiri dan mampu menghasilkan produk berkualitas untuk mengisi pangsa pasar yang tersedia. Sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

Dijelaskannya, jika suatu usaha mau berkembang yaitu usahanya harus jelas. Usaha juga membutuhkan modal. SDM harus dilatih, didik supaya berkembang.

“Selain itu, kualitas produk harus dijaga,” harapnya.

Wali Kota juga berpesan kepada Dekranasda kota Jayapura agar terus melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha kita agar mutu dan berkualitas.

“Bagi OPD terkait, agar bisa kerjasama membantu para pelaku usaha sesuai dengan program yang dicetus. Seperti Dinas Pariwisata, Disperindagkop, Pertanian dan Perikanan,” pesannya.

Ditempat yang sama, Ketua Dekranasda Kota Jayapura, Ny Kristhina R. I Luluporo, S.IP. M.AP mengatakan, seni kerajinan perlu dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhannya untuk memacu perkembangan industri kerajinan di kota Jayapura.

“Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Dekranasda kota Jayapura adalah melakukan pembinaan, berupa pemberian bantuan peralatan dan bahan baku kepada pelaku usaha kerajinan,” ujar anggota DPR Papua itu.

Sehingga lanjut Kristhina, para pelaku usaha ini mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksinya.

Dengan bantuan peralatan kerja dan bahan baku diharapkan para pelaku usaha kerajinan penerima bantuan ini agar termotivasi dan semakin tekun mengelola usahanya.

Sehingga berkembang dengan baik, mandiri dan mampu menghasilkan produk berkualitas untuk mengisi pangsa pasar yang tersedia sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

“Hari ini kami memberikan bantuan kepada 124 orang pelaku usaha. Kerajinan noken 106 orang, mahkota 9 orang, kerajinan batik 4 orang, kerajinan tempurung 1 orang, sambal baba 1 orang, dodol 1 orang dan pelaku usaha aneka kripik 2 orang,” paparnya.

Namun lanjutnya, untuk menerapkan protokol kesehatan hari ini yang hadir hanya 20 orang yang akan menerima secara simbolis, sisanya akan diserahkan pada hari Jumat hari Senin di kantor Disperindag kota Jayapura.

Kristhina juga tegaskan, para pelaku usaha agar berusaha. Jangan menunggu pemerintah memberikan bantuan baru berusaha,” tutupnya.

(Let)

 

  • Bagikan