Safari Ramadhan Ke Masjid Al-Amin Angkasapura, BTM – Rustan Saru Langsung Berpamitan

Jayapura, Teraspapua.com – Wali Kota Dr, Drs. Benhur Tomi Mano, MM dan wakilnya Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM, Selasa (5/4/2022) melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Al-Amin Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, kota Jayapura, Provinsi Papua.

Diakhir periode kepemimpinan ini, Safari Ramadhan dan buka puasa bersama jamaah Al -Amin Angkasapura, Benhur Tomi Mano dan Rustan Saru langsung berpamitan. Pasalnya, pada tanggal 22 Mei mendatang, keduanya akan meletakan jabatan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura.

banner 325x300

Safari ramadhan dan buka puasa bersama merupakan agenda rutin Pemerintah kota di Jayapura yang dikemas setiap tahun untuk melihat secara dekat perkembangan masjid dan jamaah Muslim yang ada di kota Jayapura.

Namun saat pandemi covid sejak tahun 2020, 2021 safari Ramadan tidak dilaksanakan, dan baru dilaksanakan di tahun 2022 ini.

Pada Safari Ramadhan tersebut juga, Wali Kota menyerahkan bantuan dana bagi pengurus masjid Al-Amin yang diterima langsung oleh ketua masjid, Dr. Fachruddin Pasolo, M, Msi.

“Marhaban Ya Ramadan, bulan suci yang dinanti-nantikan, bulan yang penuh rahmat bagi saudara-saudara saya kaum muslimin dan muslimat di kota Jayapura,” ucap Wali Kota Benhur Tomi Mano mengawali sambutannya.

Tomi Mano mengungkapan, di kota Jayapura ada 186 masjid dan mushola yang selama 10 tahun kepemimpinannya ada dalam masjid dan mushola berdoa dan berbuka puasa bersama.

Dan di akhir akhir masa jabatan ini, saya kembali duduk bersama saudara-saudara dalam baitnya yang suci ini dan buka puasa bersama.

Walau masi di masa pandemi covid 19, Tomi Mano tela umumkan melalui instruksi Wali Kota Jayapura bahwa tahun ini salat tarawih bisa dilakukan di seluruh masjid dan mushola di kota Jayapura.

“Dan juga salat Ied bisa dilaksanakan di tempat umum dan dan bisa berkunjung dan silaturahmi dari rumah ke rumah,” imbuhnya.

Lanjut Tomi Mano, kita semua bangga dengan kota Jayapura, kota yang damai, Indah, rukun. Marilah kita jaga kota ini dan terus melakukan silaturahmi satu sama yang lain sebagai umat yang percaya kepada Tuhan.

Pamong sejati itu mengajak kita semua untuk sama-sama menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama di kota Jayapura. Pasalnya, Menteri Agama Republik Indonesia telah memberikan reward harmoni kota yang rukun damai.

“Inilah rumah, honai, istana kita bersama yang perlu kita jaga bersama karena hidup dengan damai dan indah maka kita harus saling mengasih satu dengan yang lain dan menghormatinya,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Ibukota provinsi Papua itu berpesan kepada umat Nasrani yang tidak berpuasa untuk sama-sama menjaga saudara-saudara muslim, untuk menjalankan melakukan ibadah puasanya dengan baik sampai mencapai fitri dan kemenangan yang diharapkan.

Wali kota juga mengaku kedatangannya hari ini bersama wakilnya sekaligus untuk berpamitan dari Jama masjid Al-Amin Angkasapura.

Ditempat yang sama Ketua masjid, Dr. Fachruddin Pasolo, M, Msi dalam sambutan menegaskan, selama dua periode kepemimpinan Wali Kota Benhur Tomi Mano (BTM), jamaa dan masjid ini selalu mendapat perhatian dari Wali Kota.

“Jadi, masjid kita yang sering mendapat perhatian dari Wali Kota yang mempunyai kemampuan untuk membina umat yang sangat luar biasa,” akui mantan Fachruddin.

Kita doakan semoga BTM dan Rustan Saru terus diberikan umur panjang, kesehatan sehingga niat-niat beliau untuk mengabdi melayani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Jayapura selalu diridhoi oleh Tuhan yang maha kuasa.

Pada kesempatan itu, mantan kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Jayapura ini juga menuturkan, jamaa masjid Al-Amin Angkasapura ini kurang lebih 400 KK, dari tahun ke tahun terus bertambah.

“Masjid ini juga sudah mempunyai Yayasan, TK dan PAUD yang sudah dioperasikan kurang lebih 3 tahun. Kami masih punya rencana untuk perluasan, karena tidak mampu menampung jamaah ibu-ibu jika ada kegiatan salat Tarawih dan Idul Fitri,” ujarnya.

Seluruh jamaah menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Wali Kota dan wakilnya karena selalu mendapat perhatian.

“Tidak saja pada momen safari Ramadan, tetapi juga ada sumbangan-sumbangan lain yang selalu diberikan kepada masjid ini,” ungkap Pasolo.

Terima kasih atas kehadiran dan di akhir periode ini, masih bisa datang untuk melihat kami di jamaa dan masjid Al-Amin ini,” tandasnya.

Sementara wakil wali kota, Rustan Saru menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini, mudah-mudahan semua bisa sampai akhir.

“Ini penting untuk menguatkan iman kita,” cetusnya.

Sebagai kepala daerah dan juga sebagai orang tua kami wajib mengunjungi warganya dimanapun berada, sebagai bentuk cinta dan sayang kami kepada masyarakat kota Jayapura,” tukasnya.

(tp-01