DPW PAN Papua Serahkan Rekomendasi Calon Wabub Pegubin

Jayapura,Teraspapua.com – Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua, Sinut Busup menyerahkan rekomendasi atau persetujuan dari DPP PAN terhadap dua nama Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pegunungan Bintang (Pegubin) sisa masa jabatan 2021 – 2026.

DPP PAN menyetujui penetapan nama Cawabup Pegunungan Bintang sisa masa bhakti 2021 – 2026 dari Partai Amanat Nasional atas nama Kris Bakwen Uropmabin  dan Terianus Keduman.

Rekomendasi kedua nama Cawabup  yang ditandatangani langsung Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno  itu diserahkan kepada Calon Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Kris Bakwen Uropmabin, disaksikan Ketua DPD PAN Pegunungan Bintang dan Plt Ketua DPD II Partai Golkar Pegunungan Bintang, Ignasius Mimin bersama pengurus dan senior Partai Golkar di Sekretariat DPW PAN Provinsi Papua, Rabu, 15 Juni 2022.

Ketua DPW PAN Provinsi Papua, Sinut Busup mengatakan, jika DPP PAN menginstruksikan kepada DPW PAN Provinsi Papua dan DPD PAN Kabupaten Pegunungan Bintang untuk segera mengajukan nama Calon Wakil Bupati dari PAN itu sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam rekomendasi ini, juga menugaskan kepaa Anggota DPR Kabupaten Pegunungan Bintang dari PAN untuk mendukung dan memenangkan Calon Wakil Bupati Pegunungan Bintang dari PAN tersebut dalam pemilihan di DPR Kabuapten Pegunungan Bintang,” kata Sinut Busup.

Yang jelas, ujar Sinut, DPP PAN memberikan respon cepat terhadap pengusulan dua nama Calon Wakil Bupati Pegunungan Bintang itu, sehingga bisa diserahkan kepada Ketua DPD PAN Pegunungan Bintang untuk segera diusulkan.

“Pengusulan dua nama itu, sudah kami laporkan ke DPP PAN dan itu tidak ada masalah, sehingga kita percayakan kepada Golkar untuk silahkan pimpin untuk Pegunungan Bintang sisa masa jabatan Wakil Bupati Jayapura, supaya kita ke depan kita tetap solid,” ujarnya.

Sinut Busup meminta semua masyarakat Pegunungan Bintang untuk bisa menerima keputusan tersebut demi pembangunan di daerah itu. “Kami minta kepada pimpinan DPR Kabupaten Pegunungan Bintang untuk segera diparipurnakan, untuk proses selanjutnya,” imbuhnya.

Ketua DPD PAN Pegunungan Bintang, Agustinus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua DPW PAN Provinsi Papua yang merespon cepat untuk melobi DPP PAN untuk mendapatkan rekomendasi dua nama Cawabup Pegunungan Bintang.

“Ini sejarah baru, karena biasanya dari DPD ke DPW dan DPP. Tapi kami hanya ke DPW dan DPW PAN langsung mengambil rekomendasi dari DPP PAN, tidak berlangsung lama. Dan itu satu kelebihan Ketua DPW PAN Provinsi Papua untuk rakyat Pegunungan Bintang,” katanya.

Dikatakan, sebagai pendukung Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana – Almarhum Piter Kalakmabin, namun belum genap 2 tahun kepemimpinannya, Wakil Bupati Pegunungan Bintang Piter Kalakmabin meninggal dunia akibat sakit. Namun, hampir menjelang 1 tahun ini, belum ada pengganti Wakil Bupati Pegunungan Bintang.

“Hari ini, saya mewakili rakyat Pegunungan Bintang dari 34 distrik dan 277 kampung terutama pengurus PAN Pegunungan Bintang 34 DPC dan 277 Ranting kami mengucapkan Ketua DPW PAN Papua untuk rekomendasi Cawabup yang telah diberikan,” ujarnya.

Dalam partai koalisi yang mengusung Spei Yan Bidana – Piter Kalakmabin atau dikenal SEPTE yang terdiri Partai Golkar 3 kursi, PAN 1 kursi dan PBB 1 kursi, lanjutnya, untuk mendukung pembangunan di daerah itu, bukan hanya bupati saja, tapi harus ada wakil bupati.

“Kami partai koalisi telah berembug dan berjalan sampai hari ini, lalu dalam Pilkada lalu, PAN sebagai penutup pintu untuk meloloskan SEPTE dalam Pilkada Pegunungan Bintang yang nyaris melawan kotak kosong, namun PAN melengkapi dukungan sehingga bisa mencalonkan SEPTE sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, hingga memenangkan SEPTE dan hari ini untuk Wakil Bupati, rekomendasi PAN pertama kami dapatkan,” paparnya.

Sementara itu, Plt Ketua DPD II Partai Golkar Pegunungan Bintang, Ignasius Mimin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas rekomendasi dua nama Cawabup Pegunungan Bintang yang telah diserahkan PAN itu.

“Kami bangga dan bersyukur kepada Tuhan apa yang menjadi beban dan bagaimana kami bisa dapat rekomendasi, ternyata kami duluan dapat rekomendasi untuk Cawabup Pegunungan Bintang sisa masa jabatan 2021 – 2026,” kata Ignasius Mimin.

“Jadi, apa yang diinginkan keluarga dan rakyat Pegunungan Bintang telah dijawab PAN, tinggal dua partai kita kejar yakni Partai Golkar dan PBB, tinggal tunggu waktu saja,” pungkasnya.

(tp-02)