Guna Meningkatkan PAD, Bapenda Tertibkan Wajib Pajak Yang Masih Bandel

Jayapura, Teraspapua.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Jayapura, terus melaksanakan kewenangan dalam melakukan upaya-upaya untuk mendongkrat Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun masih ada WP yang bandel, sehingga Bapenda terus melakukan penertiban, melalui pendataan dan juga pemanggilan wajib pajak. Selama ini Bapenda melakukan upaya-upaya mendorong wajib pajak – wajib pajak untuk peningkatan PAD.

“Di sana kita panggil, banyak yang datang, namun ada beberapa WP yang bandel dan nakal. Kendati begitu, tidak serta-merta kita Bapenda memvonis,” kata Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan Bapenda, Ronald Sinyo Noriwary, SE, MM kepada Teraspapua.com usai melakukan pengawasan, Jumat (8/7/2022).

Mereka kita panggil, melakukan pendekatan-pendekatan serta yang kita lakukan kemarin dengan OPD teknis, baik Satpol PP dan juga DPMPTSP, kita melakukan pengawasan bersama,” sambung Sinyo.

Menurut pencetus Inovasi Si-Reklame itu, pengawasan ini dalam rangka melakukan pembinaan, sehingga wajib pajak yang tadinya belum datang melapor kewajibannya, kita ingatkan supaya melunasi dan melapor pajak-pajaknya.

“Ada beberapa hotel dan juga rumah makan, restoran, tempat hiburan malam dan juga rumah sewa kita lakukan itu dikarenakan mereka tidak datang membayar maupun melapor,” ungkapnya.

Menurut Sinyo, pengawasan ini sangat efektif karena bukan hanya di siang hari, kami melakukan juga di malam hari di tempat-tempat hiburan.

Kami datangi secara baik-baik, menyampaikan aturan, bahwa menurut Perda nomor 1 tahun 2012 tentang Pajak Daerah dan juga Perda nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi di situ ada hak dan kewajiban WP untuk membayar pajak.

“Selain melakukan pengawasan terhadap wajib pajak, menurut Sinyo dalam minggu ini, Bapenda juga melakukan pengawasan, sekaligus sosialisasi mendampingi CV. Binboki yang sedang mengelola parkir tepi jalan umum di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura.

 

Dijelaskan Sinyo, Bapenda hanya datang untuk mengawasi, pembantu mensosialisasikan dari tarif yang sebelumnya motor Rp1000 menjadi Rp2000 dan mobil Rp2000 menjadi Rp4000.

“Itu kita bantu dengan membuat sosialisasi melalui spanduk yang kita tempatkan di tempat-tempat umum,” ungkap Sinyo.

Ditambahkan Sinyo, teman-teman Bapenda dibagi shift pagi jam 09.00 Wit sampai jam 15.00 Wit dan juga shift sore dari jam 15.00 Wit sampai jam 21.00 Wit.

“ini sudah hari yang ke-5 dari Senin sampai hari Jumat dan juga besok hari Sabtu terakhir kita melakukan pendampingan dan sosialisasi, ” tutup Kabid Pendaftaran dan Pendataan itu.

(red-tp)