<

Koperasi TKBM Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura Gelar Raker Anggota Tahunan

Fto bersama usai pembukaan rapat anggota tahunan koperasi TKBM teluk Numbau pelabuhan Jayapura.

Jayapura,Teraspapua.com – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura gelar rapat kerja (Raker) anggota tahunan tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel SIP Asana, mengusung tema “Melalui rapat anggota tahunan kita pertahankan eksistensi koperasi TKBM dengan meningkatkan kometensi TKBM guna menunjang produktivitas bongkar muat barang dari dan ke kapal di Pelabuhan,”.

“Semua Koperasi wajib hukumnya melaksanakan rapat anggota tahunan paling lambat 31 Maret setiap tahunnya,” ujar Victoria Wewo, Pengurus Induk Koperasi TKBM Pelabuhan Indonesia, kepada awak media usia pembukaan rapat kerja Koperasi TKBM Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura, Jumat (10/3/2023).

Menurutnya, untuk TKBM Teluk Numbay yang melaksanakan rapat kerja ini adalah rapat kerja perdana. Sebenarnya ini sesuatu yang sudah keliru, tetapi tidak ada kata terlambat kalau kita mau berubah.

“Dalam rapat ini kita bisa memulai dengan melakukan sebuah gerakan perubahan dalam koperasi, sehingga kedepannya bisa berjalan sesuai dengan regulasi yang ada,” harap Victoria.

Selain itu, lanjut kata Victoria, dalam rapat ini dapat melahirkan program-program untuk percepatan sertifikasi kompetensi bagi anggota TKBM secara keseluruhan.

Kami apresiasi kepada kepengurusan TKBM Teluk Numbay yang sekarang mau membuka diri dan bekerja sama sehingga bisa dilakukan penataan dan bisa berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami harap kepada semua tenaga kerja bongkar muat wajib hukumnya untuk mendapat perlindungan dari BPJS ketenagakerjaan, jika memungkinkan juga BPJS Kesehatan, dan hak-hak mereka yang lain yakni wajib mendapat THR,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi Lalu Lintas angkutan Laut Simon Yabes, selaku pembina koperasi TKBM Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura, pihaknya mendukung sepenuh rapat anggota yang dilaksanakan pada hari ini.

“Rapat ini sebagai wujud dalam pembinaan, karena koperasi TKBM ini merupakan satu elemen penting. Sangat penting dalam kegiatan usaha pelayanan dan industri pelayaran,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut kata Yabes, sesuai dengan mekanisme koperasi setiap tahun harus dilakukan rapat anggota tahunan. Sehingga bisa melihat dan mengevaluasi program apa yang sudah dikerjakan dan melihat program kerja apa yang akan dilakukan untuk keberlangsungan dari pada organisasi koperasi TKBM itu sendiri.

Menurutnya, TKBM ini sangat penting karena mereka ada di pelabuhan Jayapura. Yang mana pelabuhan Jayapura ini merupakan pelabuhan interlend yang melayani 14 kabupaten dan 1 kota di Papua.

“Sehingga TKBM ini menjadi perhatian kami sehingga mereka bisa dibekali dengan kompetensi-kompetensi sesuai aturan dan regulasi,” pungkasnya.