Tanggal 5 September Mandagri Lantik Ridwan Rumasukun Sebagai Pj Gubernur Papua

Ridwan Rumasukun

Jakarta, Teraspapua.com – Ridwan Rumasukun Alumni Universitas Hasanudin dan Brawijaya kelahiran 14 Oktober 1964 ini akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat Gubernur Papua menggantikan Lukas Enembe pada Hari Selasa, tanggal 05 September 2023.

Selain Ridwan Rumasukun, Mendagri juga akan melantik 9 Pj Gubernur lain yaitu; Irjen Polisi Sang Made Mahendra Jaya menggantikan Gubernur Bali Wayan Koster, Komjen (Purn) Polisi Nana Sudjana menggantikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bey T Machmuddin menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

banner 325x300banner 325x300

Kemudian, Mayjen (Purn) TNI Hassanudin menggantikan Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, Harisson Azroi menggantikan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Andap Budhi Revianto menggantikan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Bachtiar Baharuddin menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Kemudian Ayodhia Kalake menggantikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Gita Ariadi menggantikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Hal ini sesuai hasil sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis 31 Agustus 2023.

Yang memutuskan 10 nama Penjabat Gubernur di Indonesia, termasuk Ridwan Rumasukun yang saat ini jadi Pelaksana Harian Gubernur Papua, sejak 14 Juli 2021, menyusul Lukas Enembe sang Gubernur tersandung kasus dugaan korupsi.

Sebelum menjabat sebagai Plh Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun adalah Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Papua.

Dari sepuluh penjabat Gubernur yang ditunjuk Mendagri itu, diantaranya Tiga Jenderal Purnawirawan Polri dan Satu mantan Perwira Tinggi TNI.

{novi}