Polisi Amankan 4 Pelaku Pengedar Narkotika Salah Satunya Mahasiswa

Jayapura,Teraspapua.com – Polisi berhasil amankan 4 terduga pelaku pembawa narkotika jenis sabu-sabu dan ganja.

Dari 4 tersangka masing – masing tersangka DB Polisi berhasil amankan 1,83 gram sabu-sabu, kemudian tersangka PP polisi amankan 1 kg ganja, dan dari tersangka D dan T, Polisi mengamankan sabu-sabu seberat 24,21 gram.

banner 325x300

“Jadi kami mengamankan 4 tersangka kasus Narkotika, namun penangkapannya ditempat yang berbeda-beda,” ujar Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon, saat memberikan keterangan persis kepada sejumlah awak media, di halaman Mapolresta setempat, Kamis (14/9/2023).

Kapolresta menjelaskan, kasus yang pertama pada tanggal 5 September, pihaknya dalam hal ini satuan Reskrim berhasil amankan dari tangan pelaku berinisial DB (24) dua bungkus plastik kliper bening yang berisikan sabu-sabu seberat 1,83 gram.

“Akibat perbuatannya tersangka dikenakan Pasal 112 ayat 1, UU 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman 4 tahun dan paling lama 12 tahun,” terang Mackbon.

Untuk modus operandi, lanjut kata Mackbon, barang bukti narkotika jenis sabu didatangkan dari luar Papua yakni dari daerah Madura Bangkalan. Berupa paketan yang diberi keterangan berisi sarung, yang dikirim lewat jasa pengiriman.

“Dari hasil penyelidikan, tersangka mengaku  sudah berulang kali melakukan transaksi disamping itu tersangka juga mengkonsumsi  barang haram tersebut,” terangnya.

Kemudian kasus yang kedua, pada 8 September, kami ungkap penemuan jenis ganja di Kapal KM Ciremai dari Jayapura tujuan ke Biak, dimana polisi berhasil mengamankan tersangka seorang Mahasiswa berinisial PP (24), dengan barang bukti ganja 1 Kg.

Untuk mengelabui petugas, tersangka menyembunyikan barang haram tersebut didalam celana panjang dan sweater. Berdasarkan hasil interogasi yang bersangkutan ini diperintahkan oleh kakaknya membawa barang haram tersebut di Lapas Biak.

“Terkait itu kasus tersebut, pihaknya sedang melakukan penyelidikan lebih mendalam,” tandasnya.

Selanjutnya kasus yang ketiga, kata Mackbon, pada tanggal 10 September 2023, di wilayah Hamadi Distrik Jayapura Selatan, kita mengamankan dua orang tersangka dengan inisial D dan T warga suku dari Bone.

“Barang bukti yang bisa kita amankan dari kedua pelaku yakni sabu-sabu itu sejumlah 24,21 gram,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, Mackbon menegaskan kedua tersangka dikenakan pasal 114 dan pasal 112 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman mati dan pidana seumur hidup atau pidana paling cepat 6 tahun dan paling lama 20.

Mackbon menjelaskan modus operandi, kedua tersangka dari Makasar tujuan ke Jayapura, mengunakan kapal laut. Untuk mengelabui petugas barang haram tersebut, tersangka menyimpannya di saku celana, yang kemudian dimasukkan ke dalam tas.

Selanjutnya, berdasarkan Informasi dari petugas kami dilapangan barang bukti ini akan dijual dibeberapa lokasi . Barang bukti yang dibawah oleh kedua pelaku sudah sempat dijual dengan nilai transaksi per gramnya itu senilai Rp 1 juta.

“Terkait kasus ini sedang kami kembangkan lebih lanjut karena pengakuan pelaku bukan hanya sekali tetapi sudah dilakukan berulang kali,” pungkasnya.