Tindak Lanjuti Keluhan Air di SMPN 1 Jayapura, DPRD Kota Jayapura Apresiasi Respon PTAM Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura, Joni Y. Betaubun, SH, MH memimpin pengawasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2019 tentang “Penyelenggaraan Pendidikan “di SMP Negeri 1 Jayapura, Selasa (24/10/2023)

Selain Wakil Ketua Dewan Joni Y. Betaubun, turut pula Ketua-Ketua Komisi dan bapak ibu Anggota DPRD Kota Jayapura yang hadir untuk menindaklanjuti keluhan dari pihak sekolah, terutama jaringan air bersih.

banner 325x300banner 325x300

“Pimpinan dan segenap Anggota DPRD kota Jayapura menindaklanjuti keluhan dari wakil kepala sekolah SMP Negeri 1 Jayapura, saat pengawasan Perda di SMP YPK Diaspora, bawa sekolah selama ini terkendala dengan air,” kata Joni kepada sejumlah wartawan usai pengawasan Perda.

Betaubun menuturkan, setiap minggu sekolah harus membeli air 2 tangki untuk memenuhi kebutuhan di sekolah. Menanggapi keluhan tersebut pimpinan DPRD kota Jayapura menyurati Direktur Utama PT. Air Minum (PTAM) Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM.

Tentu untuk kami sama-sama melihat tentang pergumulan, keluhan dari SMP Negeri 1, sehingga hari ini kami 40 anggota Dewan semuanya bersama dengan Direktur Direktur Tekhnik, Yan P. Nasadit, S.T dan besok proses perbaikan sudah dilakukan.

“Untuk kita Pimpinan dan Anggota DPRD kota Jayapura, kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM selaku Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwan (Perseroda), Direktur Tekhnik, Yan P. Nasadit, S.T, kepala unit Jayapura Utara dan jajaran yang merespon begitu cepat,” ujar Betaubun.

Ketika pimpinan Dewan menyurati kemarin sore, mereka sudah turun untuk melihat dan besok langsung dikerjakan,” imbuhnya.

Sementara Direktur Tekhnik, Yan P. Nasadit, S.T, menambahkan, ketika PTAM dapat info dari surat DPRD Kota, hari itu juga kami respon. Kemudian melakukan identifikasi lapangan.

“Sebenarnya posisi air ada dan masuk sesuai dengan jadwal ke sekolah, hanya saja kuantitas air tidak maksimal, masuk di dalam dua bak penampungan,” ungkapnya.

Yang satunya kapasitas 15 ribu liter, yang satunya ada 28 ribu, tidak maksimal, karena sistem instalasi yang masuk ke sekolah ada beberapa titik yang disabotase.

Pada akhirnya terganggu pelayanan air bersih untuk sekolah. Kami sudah siap benahi, besok tim kami turun untuk melakukan pemasangan jaringan pipa baru.

“Kami akan pasang jaringan pipa baru dengan diameter 1 inc, yang mana nanti akan dibagi untuk 2 bak 15 m³ dan 28 m³,” dan tidak ada biaya karena semua ditanggung oleh pihak perusahaan,” rinci dia.

Ditempat yang sama Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga,S.Pd.,M.M.Pd berterima kasih karena pimpinan dan anggota DPRD langsung memfasilitasi untuk PTAM melaksanakan penyediaan air bersih.

“Air bersih menjadi kebutuhan utama di sekolah, dengan jumlah siswa 1.990 dan kebutuhan air bukan hanya untuk kebutuhan toilet, tapi juga untuk kebutuhan kebersihan rumah tangga dan juga untuk taman,” tutur Purnama.

Sehingga memang kami membutuhkan dalam jumlah banyak. rata-rata per hari kami butuhkan sekitar 5000 liter. PTAM sudah memberikan janji berupa perencanaan penyediaan 1 titik dengan sumber air yang kapasitasnya akan memenuhi kebutuhan sekolah.

“Kami SMP Negeri 1 menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan anggota DPRD kota Jayapura yang dalam hal wakil ketua I, Bpak Joni Y. Betaubun, bersama ketua komisi dan anggotanya yang hadir dan memfaslitiasi penyediaan air bersih,”ucap Purnama.

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan kepada Dirut PTAM Jayapura yang dalam hal ini diwakili oleh Dirut teknik bersama jajarannya yang sudah melakukan pemeriksan terhadap kapasitas air di sekolah dan juga program perencanaan tindaklanjuti,” pungkas Purnama Sinaga.

(Har/Ric)