Kantor Kampung Kayu Batu dan Kampung Kayu Pulo Diresmikan Pj. Walikota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Penjabat (Pj). Walikota Jayapura Frans Pekey, meresmikan beberapa fasilitas kampung dan penyerahan rumah layak huni bagi masyarakat, di Kampung Kayu Batu dan Kampung Tahima Soroma Kayu Pulo, Distrik Jayapura Utara, Sabtu (09/12/2023).

Selain penyerahan kunci rumah layak huni bagi warga, fasilitas kampung yang diresmikan Pj. Walikota Jayapura di Kampung Kayu Batu adalah kantor Pemerintahan Kampung, Gedung Perpustakaan dan Jembatan.

Sedang di Kampung Tahima Soroma Kayu Pulo, juga diresmikan Kantor Pemerintahan Kampung, peresmian spot foto Papan Nama Kampung, serta penyerahan bantuan speed boad dan penyerahan 3 unit rumah layak huni.

Usai peresmian tersebut, Frans Pekey kepada awak media mengatakan, pembangunan fasilitas kampung  yang baru diresmikan tersebut, menunjukkan adanya perubahan kearah yang lebih maju, lebih baik dan lebih Sejahtera, bagi masyarakat kedua kampung.

Tugas pemerinta lanjut Pekey, baik Pemerintah Kampung maupun Pemerintah Kota, adalah mengakomodir dan menjawab kebutuhan masyarakat melalui mekanisme perencanaan, penganggaran dan pembangunan.

“Saya memberi apresiasi, karena dengan beberapa fasilitas yang dibangun, semakin memperindah dan mempercantik kampung.” Ujarnya.

Pekey mengatakan, inilah harapan Pemkot, agar kedua Kampung ini terus ditata. Sehingga kedepannya bisa dijadikan sebagai Kampung wisata.

Untuk itu dirinya mengajak pemerintahan dan masyarakat Kampung Kayu Batu dan Kayu Pulo, untuk melestarikan selain bangunan fisik, tetapi juga budaya dan kuliner, agar menjadi sentra untuk pendidikan budaya bagi masyarakat kota Jayapura.

“Dijadikan edukasi, hiburan dan wisata. Unsur-unsur itu yang harus dipertahankan. Nantinya kita berkolaborasi untuk menata kampung-kampung ini.” Pungkas Pekey.

Sementara itu kepala pemerintahan kampung Kayu Batu, Akilla Makanuay mengatakan, sumber dana untuk membangun fasilitas-fasilitas yang baru saja diresmikan, bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Kampung dan Alokasi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah.

Dikatakan, proses peresmian seluruh fasilitas kampung berjalan lancar dengan dukungan dari semua komponen di kampung. Baik dari Adat, Gereja dan Pemerintah.

“Harapan kami, dengan adanya kantor yang representatif ini, dapat menjawab urusan-urusan pemerintahan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat akan jauh lebih baik.” Papar Makanuay.

Sementara itu Kepala Kampung Tahima Soroma Kayu Pulo, Tomi Oktovianus Sibi berharap, dengan adanya peresmian Kantor Kampung, penyerahan kunci rumah baru dan penyerahan speed boat, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Dengan adanya kantor yang baru, tambah Oktovianus Sibi, maka pelayanan bagi masyarakat akan lebih ditingkatkan, dan Pemerintah Kampung bisa bekerja lebih baik, dalam melakukan pelayanan.

“Peresmian kami punya kantor ini, akan meningkatkan pelayanan kami untuk dapat melayani masyarakat di pulau ini, dalam mengurus segala administrasi.” Pungkas Sibi.

(elo)