Rapat Evaluasi Pengawasan Pemilu Bawaslu Se Provinsi Papua Resmi Digelar di Kepulauan Yapen

Foto bersama

Yapen, Teraspapua.com – Rapat evaluasi pelaksanaan pengawasan pemilu dan kinerja bawaslu provinsi dan bawaslu Kabulaten/Kota se Provinsi Papua tahun 2023 resmi digelar.

Kabupaten Kepulauan Yapen didaulat selaku tuan rumah oleh Bawaslu Provinsi Papua,  rapat evaluasi berlangsung di salah satu hotel di Kota Serui, Rabu (13/12/23).

banner 325x300banner 325x300

Turut hadiri pad acara tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si, yang diwakili oleh Assisten I Sekda Pemda Yapen, Ir. Edi N Mudumi, M. Si, perwakilan Bawaslu Provinsi Papua dan para Ketua, Sekretaris serta anggota Bawaslu se Kabupaten/Kota.

Pj Bupati Kepulauan Yapen, dalam sambutan yang di sampaikan oleh Edi N. Mudumi mengatakan rapat evaluasi yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan dapat membuahkan hasil yang optimal serta terbangun kerjasama dan sinergitas yang baik dalam mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2004 yang sudah semakin dekat pelaksanaannya.

Lanjutnya, pemerintah dan masyarakat menaruh harapan besar di pundak Bawaslu sebagai salah satu komponen penentu suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 untuk perjalanan bangsa termasuk perjalanan Provinsi Papua ke depan.

“Sudah sepatutnya kita menyambut baik dan mendukung penuh berbagai kegiatan persiapan yang dilakukan oleh Bawaslu ,” uajarnya.

Pada prinsipnya, pemerintah dan masyarakat menginginkan pesta demokrasi pemilu 2024 dapat berjalan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku sehingga aman tertib lancar dan terkendali.

Sementara itu Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua, Yuhendar Muabuai menegaskan jangan sampai di tanggal 14 Februari itu hari pemilihan pencoblosan pihak Bawaslu belum siap sekretariat dengan keuangan, untuk itu bagian ini harus di bahas secara baik dan di kerjakan.

“Dalam evaluasi saya mohon untuk tetap pakai etika dalam berbicara tetapi sasaran kita tercapai artinya dalam pelaksanaan tugas-tugas kita itu pengawasan akan kita evaluasi tetapi juga kinerja akan kita evaluasi sehingga masing-masing Kabupaten akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kinerja”paparnya.

Dikatakan pula, ada hal-hal yang memang harus di luruskan dan di samakan persepsi, samakan pandangan cara pandang kpikir terhadap tugas fungsi sebagai lembaga pengawas Pemilu.

“di kegiatan evaluasi ini berharap kita akan samakan itu sehingga khusus untuk provinsi Papua kita bisa maksimalkan tugas-tugas pengawasan di lapangan dan di bagian sekretaris juga bisa maksimalkan tugas dalam fasilitasi tugas-tugas pengawas dalam menciptakan Pemilu tahun 2024”.pungkasnya.

(Mang/Ricko)