Pemkot Jayapura Panen Padi Varietas Nutri Zinc Dan Bawang Merah

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura bersama Forkopimda, melakukan Panen Raya Padi dan Bawang, di Distrik Muara Tami, Kamis (14/12/2023).

Padi dan bawang yang dipanen bersamaan tersebut, merupakan salah satu program Pemkot Jayapura melalui Dinas Pertanian setempat, dalam rangka pengendalian laju inflasi daerah kota Jayapura.

banner 325x300banner 325x300

Disela-sala giat panen tersebut, Penjabat (Pj). Walikota Jayapura Frans Pekey mengatakan, padi dan bawang yang dipanen ini, merupakan hasil tanam Forkopimda kota Jayapura bersama para petani, yang dilakukan pada bulan September lalu.

Pekey menyebutkan, padi yang di panen ini adalah Varietas Nutri Zinc, yang merupakan jenis padi berkualitas tinggi.

“Ini varietas Nutri Zinc, padi dengan kualitas tinggi. Nantinya akan dibeli oleh pemerintah kota untuk penanganan Stunting di kota Jayapura.” Ujara Pekey.

Selain panen padi tambah Frans Pekey, juga dilakukan penen bawang yang juga ditanam oleh Pemkot dan petani di Koya Barat 60 hari yang lalu.

Dikatakan, baik penanaman padi dan bawang yang telah dipanen ini, semuanya dalam rangka mengajak masyarakat untuk menanam guna pengadilan inflasi.

“Ini langkah nyata yang kita lakukan, yang nantinya hasil ini akan masuk ke pasar, sehingga ada pengendalian harga. Karena ini merupakan bagian dari pengendalian inflasi.” Pungkas Pekey.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo menyebutkan. Selain untuk pengendalian inflasi, tujuan penanaman padi hingga panen, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memotivasi para petani.

Hal tersebut perlu dilakukan kata Hendrik Rollo, karena semua fasilitas penunjang, baik irigasi maupun alat-alat lainnya, seperti traktor dan mesin tanam padi hingga mesin penggilingan, sudah disiapkan oleh dinas.

“Jadi tidak bisa tidak ditanam, karena untuk padi ini sendiri sudah full mekanisasi.” Kata Rollo.

Lanjut Hendrik Rollo, di tahun 2023, Dinas Pertanian bersama petani secara khusus menanam padi varietas Nutri Zinc dalam rangka penanggulangan Stunting, karena kandungan gizi dari padi jenis ini sangat baik bagi pertumbuhan anak.

Sementara untuk bawang merah yang dipanen, kata dia, tujuannya untuk bisa mengendalikan inflasi, khususnya komuditas tertentu, dan masih ditanam dalah skop kecil.

“Kalau untuk bawang kita masih tanam dalam skop kecil, karena para petani terkendala pada masalah pemasaran.” Tandas Rollo.

(elo)