1500 Aparat Gabungan Amankan Prosesi Pemakaman Lukas Enembe

Jayapura, Teraspapua.com – Kurang lebih 1500 aparat gabungan TNI-Polri, di siapkan untuk mengamankan tahapan prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Hal tersebut disampaikan Kapolresta Jayapura Kota, Victor D. Mackbon, di Jayapura, Rabu (27/12/2023).

Kapolresta menerangkan, hasil komunikasi yang terakhir, jenazah Almarhum Lukas Enembe akan tiba pukul 09.00 WIT dan akan di semayamkan di daerah Stakin Sentani, sebelum nantinya dimakamkan di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, pada Kamis (28/12/2023).

banner 325x300banner 325x300

“Dari sana jenazah Almarhum akan di bawa ke Koya Tengah di kediamannya, yang mana kami juga akan melakukan pengamanan agar prosesi dapat berjalan dengan khidmat, baik dan juga tertib,” ujarnya.

Victor Mackbon juga menuturkan, pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan instansi terkait, karena sistem pengamanan akan berubah, tergantung dari pada situasi kondisi dilapangan.

Ditambahkan, pihak kepolisian juga membutuhkan dukungan dan peran serta dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh adat, sehingga prosesi pemakaman bisa berjalan dengan tertib, dengan menghentikan segala aktifitas untuk menghormati jasa almarhum.

“Kita berharap, tidak ada penumpukan di sepanjang jalan dengan waktu yang cukup lama, jadi kami menghimbau kepada warga masyarakat agar aktivitas juga bisa dihentikan sementara, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum,” pungkasnya.

(**)