Ini Keberhasilan Kota Jayapura Raih 23 Penghargaan Sepanjang Tahun 2023

Jayapura, Teraspapua.com – Sepanjang tahun 2023, kota Jayapura telah memperoleh 23 penghargaan dan apresiasi, dari berbagai lembaga. Baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, lembaga negara, lembaga publik dan lembaga media publik.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj). Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, M.Si, dalam acara Lepas Tahun 2023 dan Sambut Tahun 2024, di Aula Siansor kantor Walikota, Senin (01/01/2024).

Pekey menyebutkan keberhasilan dan pencapaian tersebut, tidak lepas dari komitmen yang tinggi untuk melanjutkan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik, guna memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu kata Pekey, penerapan 6 Budaya Kerja Berintegritas yaitu, tertib administrasi, tertib aturan, pelayanan prima, inovasi dan perubahan, serta bebas korupsi.

Enam budaya kerja tersebut, menjadi faktor penting keberhasilan, sekaligus dijadikan sebagai standar kerja pemerintah kota Jayapura.

“Namun demikian, implementasi enam budaya kerja tidaklah mudah. Karena butuh komitmen seluruh jajaran dengan segala sumber daya, kemitraan, kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak.” Papar Pekey.

Pada kesempatan ini, Frans Pekey juga memaparkan keberhasilan kerja Pemkot Jayapura, sepanjang tahun 2023, yang dimulai dari Bidang Kesehatan, yang mana Pemkot Jayapura telah menjaminkan pelayanan BPJS Kesehatan dengan mencapai 102% bagi masyarakat, sehingga memperoleh Universal Coverage dari Wakil Presiden RI.

Sementara untuk Bidang Pendidikan, konsistensi menjadikan kota Jayapura sebagai barometer pendidikan di tanah Papua, dengan angka kelulusan 100%, melek huruf naik menjadi 96,30% dan angka harapan lama sekolah 15,7 tahun.

Selain itu, Pemkota juga melakukan program-program khusus dalam rangka meningkatkan kualitas SDM putra-putri Port Numbay, dengan Sekolah Jenius, Pendidikan Penerbangan Calon Pilot dan Teknisi Pesawat, beasiswa dan juga program berhitung cepat dengan metode Gasing.

“Untuk bidang infrastruktur, semakin tersedianya infrastruktur perkotaan yang memadai,” kata Pekey.

Sementara Bidang Pelayanan Publik, lanjut Pekey. Dilakukan optimalisasi pelayanan kependudukan secara cepat, mudah, gratis dan mobile. Selain itu, juga tersedia Mall Pelayanan Publik kota Jayapura, dengan 108 jenis perizinan dan non perizinan.

Untuk Bidang Perekonomian dan Investasi, sebagai kota dagang dan jasa, maka pemerintah memberikan kemudahan berusaha, dengan mengeluarkan perizinan sebanyak 2934 nomor induk berusaha dan 7449 perizinan lainnya.

Frans Pekey menambahkan, untuk Bidang Prioritas Nasional, Pemkot telah menurunkan angka kemiskinan dari 11,39% menjadi 11,12%. Menurunkan tingkat inflasi year to year, dari 5,73% turun menjadi 1,82% pada bulan November 2023.

“Penurunan inflasi ini, menjadikan kita sebagai kota dengan inflasi terendah di seluruh Indonesia, pada bulan Oktober dan November 2023.” Tandasnya.

Selain itu, penurunan angka Stunting dari 20,9% di tahun 2022, dengan prevalensi menurun, menjadi 12,51% di November 2023.

Sementara itu, melalui 6 inovasi berbasis aplikasi dan 6 inovasi non aplikasi dengan, capaian memperoleh penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Inovatif dari Mendagri.

Sedangkan untuk Bidang Politik dan Sosial, dilakukan optimalisasi, koordinasi dan dukungan penuh Pemkot Jayapura, terhadap penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak.

Selain itu, Pemkot juga memfasilitasi program pengangkatan anggota DPRK dari perwakilan unsur adat Port Numbay, serta penguatan kelembagaan adat dengan memberikan biaya dan kendaraan operasional bagi 10 lembaga adat.

Pemkot Jayapura juga menjaminkan 22.634 warga Pekerja Rentan. Seperti buruh, sopir, nelayan, PKL dan pedagang pasar, melalui BPJS Ketenagakerjaan, sehingga memperoleh penghargaan dari Wapres RI, pada Oktober 2023.

Pada Bidang Keagamaan, lajut Pekey, koordinasi dan komunikasi dengan para pimpinan dan tokoh agama selalu dilakukan, sehingga mampu menjaga dan menjalin moderasi beragama, toleransi dan harmonisasi antar umat beragama, sehingga menerima Harmoni Award dari Menteri Agama RI.

Frans Pekey mengatakan, berbagai capaian keberhasilan pembangunan di atas, adalah hasil kerjasama dan sinergi antara Pemkot dan seluruh stakeholder, dunia usaha, TNI-Polri, tokoh adat, toko agama, serta seluruh komponen masyarakat.

“Kerjasama ini, sehingga kita telah mengantarkan kota Jayapura menjadi salah satu kota yang mampu berkompetisi dalam skala regional dan kanca nasional.” Kata Pekey.

Dikesempatan ini atas nama Pemkot Jayapura, Frans Pekey menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder dan komponen masyarakat kota Jayapura, atas segala dukungan kerjasama dan partisipasinya membangun kota ini.

(elo)