Pelatihan Literasi Digital Akan Digelar Diskominfo Kabupaten Jayapura Bersama Telkomsel

Sentani, Teraspapua.com – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah, secara khusus siswa SMP dan SMA di kabupaten Jayapura untuk mengenai Literasi Digital Internet, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat bakal melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) akan menggelar Pelatihan Literasi Digital.

Kepala Diskominfo kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon di Sentani, Selasa (23/01) mengatakan. Sosialisasi dan pelatihan literasi digital akan dilakukan untuk 10 sekolah SMP dan SMA di kabupaten Jayapura, masing-masing 5 SMP dan 5 SMA.

banner 325x300banner 325x300

Dikatakan, pihaknya juga menggandeng Telkomsel dalam pelatihan tersebut.

“Pertemuan kemarin dengan Telkomsel itu, kita akan diawali dengan 10 sekolah, yang meliputi wilayah satu, dua dan tiga, yang mana tower-tower Telkomsel ini dibangun,” kata Gustaf.

Kata Gustaf, kegiatan sosialisasi dan pelatihan literasi digital tersebut merupakan agenda dari Diskominfo yang menggandeng PT. Telkomsel dan Dinas Pendidikan, dalam mewujudkan pemerataan literasi digital Pendidikan.

Dirinya menambahkan, akan ada pertemuan bersama dengan Dinas Pendidikan dan para kepala sekolah yang akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan literasi digital tersebut, serta pihak PGRI.

“Sehingga kita semua bisa berkolaborasi, baik itu dari Telkomsel, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, PGRI dan para kepala sekolah yang menjadi lokus,” terangnya.

Untuk teknis lanjut Gustaf, pihaknya kembali akan melakukan pertemuan dengan pihak Telkomsel, guna memastikan dan menentukan keseriusan, serta jadwal pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi tersebut.

Dengan diadakannya pelatihan dan sosialisasi literasi digital ini, Gustaf berharap, siswa bisa pandai memilah dan memilih informasi.

“Semoga anak-anak bisa panda memilah, sehingga ketika menerima informasi yang tidak benar, maka mereka akan stop untuk menyebarluaskan.” Pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan antara Diskominfo dengan PT. Telkomsel tersebut, juga dihadiri Kepala Seksi Pengembangan Infrastruktur Bidang TIK Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Aminadap Reniban dan dua staf Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

Sementara dari pihak PT Telkomsel, dihadiri oleh Indra Wijayanto, Muhammad dan Muzayin, selaku Youth Digital and Community Section.

Selain itu juga dihadiri Network Operations Jayapura Faisal Achsani, Staff Youth Digital and Community, Axel Tatipata dan Staff Mobile Consumer Operations Territory Jayapura, Wendy Saputra.

(**)