<

Peluncuran Kelas Global Sekolah Kalam Kudus, Diapresiasi Pemkot Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Guna meningkatkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing, Sekolah Kristen Kalam Kudus (SK3) Jayapura, melakukan peluncuran Kelas Global atau Global Christian Class (GCC), yang berlangsung di Aula Jusuf Tjitra sekolah tersebut, Jumat (23/2).

Selain peluncuran GCC, juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan Mentari Teacher Academy (MTA), sebagai lembaga yang akan mendampingi tenaga pendidik di SK3 Jayapura, sekaligus Pembukaan Penerimaan Murid Baru (PPMB) tahun ajaran 2024-2025.

Pemerintah Kota Jayapura melalui Asisten II Bidang Pembangunan, Widi B. Hartanti yang hadir dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi langkah yang diambil oleh SK3 Jayapura ini.

Kepada sejumlah awak media usai peluncuran GCC, Widi Hartanti mengatakan. Untuk meningkatkan kualitas para tenaga pendidik, tentunya harus juga mempelajari pengetahuan-pengetahuan dari luar sekolah.

Untuk itu kata dia, dengan kerjasama yang dilakukan antara pihak SK3 dan MTA ini, para guru akan memperoleh banyak pengetahuan.

“Pemerintah kota Jayapura sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan. Karena sudah tentu akan meningkatkan kualitas para guru di sekolah ini.” Ucap Widi Hartanti.

Dirinya berharap, kerjasama ini nantinya, bukan hanya dilakukan oleh Sekolah Kristen Kalam Kudus, tetapi juga bisa dilakukan oleh sekolah-sekolah lain yang ada di kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan.

Sementara itu ketua yayasan Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura, Herbert Lincoln menyebutkan, melihat perkembangan zaman yang begitu pesat, maka pihak SK3 memberikan satu metode pendidikan yang baru, yang bisa mendidik siswa menuju masa depan yang lebih baik.

Lincoln mengatakan, dengan adanya kerjasama ini, maka proses belajar mengajar di SK3 akan menggunakan 3 bahasa. Yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

“Saat ini sudah kita jalankan tiga bahasa, dan beberapa pelajaran akan full menggunakan bahasa Inggris. Sementara untuk bahasa Mandarin, volume belajarnya akan ditambah,” ujarnya.

Dikatakan Lincoln, tujuan dari kerjasama ini juga, agar anak didik punya kesempatan yang sama, jika berkeinginan untuk melanjutkan studi ke luar Papua.

“Sehingga setelah lulus dari sini, mereka bisa melanjutkan study di universitas yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.” Tandas Lincoln.

Dirinya menambahkan untuk program ini, pihak SK3 Jayapura telah membuka penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2024-2025.

Lanjut dia, pendaftaran akan dibuka untuk tingkat TK, SD, SMP dan SMA, dengan kouta yang dibatasi. Serta para pendaftar harus mengikuti tes terlebih dulu.

“Jadi untuk mengikuti kelas GCC ini, siswa harus memiliki kemampuan bahasa dasar, yakni bahasa Inggris dan Mandarin, sehingga tes akan dilakukan terlebih dulu.” Tandasnya.

Untuk yang akan melakukan pendaftaran di bawah bulan Maret, tambah Lincoln, akan diperlakukan harga khusus.

(elo)