<

Frans Pekey : Empat Sumber Usulan Dibahas Dalam Musrenbang RKPD Kota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura menggelar Mususyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jayapura Tahun 2025, Senin (25/3/2024).

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si yang membuka giat Musrenbang yang berlangsung di Aula Siansor kantor Walikota tersebut mengatakan, Musrembang merupakan forum untuk mesinergi dan mengintegrasikan semua usulan aspirasi dan program.

Semua usulan aspirasi dan program kegiatan tersebut kata Frans Pekey, dimulai dari pendekatan bottom up, dari mulai Musrembang Kelurahan dan Kampung, Musrembang tingkat Distrik, yang kemudian hasilnya dibawa ke Musrenbang tingkat kota.

“Oleh karena itu, setiap distrik harus ada perwakilan. Baik dari unsur pemerintahan, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, maupun OKP.” Ujar Pekey.

Pekey mengatakan, selain usulan tingkat Kelurahan dan Kampung serta Dstrik, juga ada usulan politis yang merupakan hasil dari menjaring aspirasi masyarakat, yang dilakukan oleh anggota DPRD, melalui Reses Dewan.

Sehingga kata dia, dalam Musrenbang ini akan diahas usulan dan perencanaan program, baik dari Teknokrat, Politis, dari Bottom Up dan juga Top Down.

“Empat sumber usulan inilah yang akan dibahas bersama, dalam forum Musrenbang atau forum RKPD hari ini,” jelasnya.

Lanjut dikatakan, pembahasan RKPD melalui Musrembang, tetap disesuaikan dengan kemampuan APBD pemerintah kota. Oleh karena itu kata dia, semua usulan yang masuk melalui Musrembang tingkat bawah maupun Reses Dewan, akan dibuat skala-skala prioritas, berdasarkan bidang prioritas pembangunan dan bidang prioritas Otonomi Khusus.

Frans Pekey berharap, program dari hasil Musrenbang ini benar-benar pro rakyat, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, perlu adanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplifikasi program dan kegiatan, lewat Musrenbang ini.” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA kota Jayapura selaku penyelenggara Musrembang, Rory Coni Huwae dalam laporannya menyebutkan, tujuan penyelenggaraan Musrembang, adalah untuk mengkaji dan menyusun program dan kegiatan strategis, dengan mengacu kepada RKPD Pemkot Jayapura tahun 2023-2026.

Huwae menambahkan, mekanisme Musrembang yang akan berlangsung dari tanggal 25-28 Maret tersebut, terbagi dalam 4 bidang. Yakin bidang sarana prasarana, bidang ekonomi, bidang sosial kebudayaan dan bidang pemerintahan umum.

“Dan untuk peserta, terdiri dari perwakilan DPRD, pimpinan OPD dan utusan perwakilan Distrik se kota Jayapura, dengan total sebanyak 250 orang.” Papar Huwae.

(elo)