Pemkot Jayapura Minta Peringatan Hari Kartini Digelar Bersama Perempuan di Kampung-kampung

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura berharap, perayaan Hari R. A. Kartini di tahun-tahun mendatang, bisa dirayakan bersama perempuan di kampung-kampung yang ada di kota ini.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pekey, dalam acara Resepsi Peringatan Hari Kartini ke-145 Jayapura, yang digelar Dharmawanita, TP PKK dan GOW se kota Jayapura, Senin (22/04/2024).

“Sehingga kesetaraan itu dirasakan oleh semua perempuan yang ada di kota Jayapura, lebih khusus bagi perempuan di kampung-kampung.” Tandasnya.

Pekey mengatakan, ditengah-tengah masyarakat kota ini, masih ada kaum wanita yang belum secara utuh menerima dan merasakan kesetaraan dan kebebasan.

Apalagi lanjut Pekey, dengan adanya tantangan digitalisasi, maka menjadi tantangan juga bagi kaum perempuan di kota Jayapura, untuk bagaimana mendidik anak-anak di dalam keluarga di era kemajuan teknologi saat ini.

Dirinya menambahkan, seluruh kaum perempuan yang ada di kota Jayapura, harus memiliki ketangguhan untuk menghadapi tantangan dalam berbagai bidang.

“Karena itu, salah satu upaya untuk terus membangun ketangguhan, adalah dengan berkolaborasi dan kerjasama, di antara semua organisasi-organisasi perempuan di kota Jayapura.” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Jayapura, Ni Ketut Kabeningsih Wardana menyebutkan, tujuan peringatan Hari Kartini, adalah untuk mendorong semangat perempuan di kota Jayapura agar bermartabat, tangguh dan mandiri.

Ni Ketut menambahkan, peran R. A Kartini kepada wanita Indonesia sangat luar biasa. Terbukti dengan adanya berbagai keberhasilan yang dilakukan saat ini, dengan banyaknya kaum perempuan yang menduduki jabatan strategis di lingkungan Pemkot Jayapura.

“Diharapkan, perempuan-perempuan kota Jayapura tetap berkarya, terutama di dalam era ekonomi digital, agar mampu bersaing ditengah-tengah perkembangan era modern.” Ujarnya.

Pada kesempatan ini, ketua panitia peringatan Hari R. A. Kartini tingkat kota Jayapura, Merry Marini Awi, dalam laporannya mengatakan, beberapa kegiatan sudah dilakukan, sebelum puncak perayaan Hari Kartini.

Kegiatan tersebut diantaranya, lomba fashion show Busana Daerah Papua dan Busana Muslim, serta lomba Paduan Suara dan Qasidah, yang berkolaborasi dengan TP PKK kota Jayapura.

“Sedangkan pada saat pencanangan hari R. A Kartini pada tanggal 18 April 2024 lalu, juga dirangkaikan dengan pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan gratis.” Ujarnya.

Selai itu lanjut Merry, juga dilakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP), pada tanggal 20 April 2024 dan dilanjutkan dengan anjangsana, kepada 10 mama-mama Ondoafi yang ada di kota Jayapura.

(elo)