Secara Bertahap, Rumah Tinggal Ondoafi di Kota Jayapura Akan Dibangun

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), akan bersama-sama pemerintah Kampung, untuk melihat rumah tinggal para Ondoafi (Kepala Adat) di setiap Kampung Adat.

Hal ini disampaikan Kepala DPMK kota Jayapura, Makzi Atanay kepada awak media, disela-sela acara peresmian rumah tinggal Ondoafi Kampung Yoka, Distrik Heram, Sabtu (27/4/2024).

Atanay mengatakan, rumah tinggal untuk Ondoafi di setiap kampung adat yang ada di kota Jayapura, akan dibangun secara bertahap.

Dikatakan, DPMK akan berkoordinasi dalam perencanaan pembangunan rumah tinggal Ondoafi, sehingga bisa dilihat mana yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kampung dan mana yang akan dilakukan oleh DPMK.

“Misalnya jika rumah Ondoafi sudah dibangun oleh Pemerintah Kampung, maka kita akan berkolaborasi dengan menyediakan fasilitas dan kelengkapan perabotan rumah,” jelas Atanay.

DPMK kata Makzi Atanay, akan bersinergi dengan pemerintah kampung. Dengan harapan, pemimpin-pemimpin adat yang ada di kampung memiliki kediaman yang layak, untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan adat.

“Kami juga berencana untuk rehabilitasi beberapa rumah Ondoafi. Seperti yang ada di kampung Nafri dan juga Skouw Mabo.” Tandasnya.

Sementara itu terkait peresmian rumah tinggal Ondoafi Kampung Yoka, Atanay menyebutkan, dana pembangunannya berasal dari APB Kampung Yoka, yang telah diprogramkan, dimusyawarahkan dan dilaksanakan sendiri oleh pemerintah kampung.

“Namun kita bersinergi dalam menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan penguatan masyarakat adat, dengan melihat mana yang dilakukan oleh Kampung dan mana bagian yang dilakukan oleh pemerintah.” Pungkasnya.

Pada kesempatan ini Makzi Atanay menyampaikan terima kasih kepada Kepala Pemerintahan Kampung Yoka, Bamuskam dan seluruh masyarakat, yang telah bersama-sama merencanakan dan melaksanakan pembangunan Rumah Tinggal Ondoafi.

(elo)