280 Meter Jalan Jerambah Kampung Enggros Diresmikan Penjabat Walikota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si, meresmikan Jalan Jerambah kampung Enggros, Distrik Abepura, Senin (29/4).

Jalan Jerambah yang rusak akibat gempa bumi yang melanda kota Jayapura pada Februari 2023 lalu tersebut, kembali diperbaiki oleh pemerintah kampung Enggros, bersama dinas PUPR kota Jayapura dan Lantamal X Jayapura.

Frans Pekey pada kesempatan ini mengatakan, Jalan Jerambah tersebut bisa selesai dikerjakan, karena kerjasama yang baik, antara Pemkot Jayapura, pemerintah kampung Enggros, serta Lantamal X Jayapura.

“Karena kerjasama yang baik ini maka, Jalan Jerambah ini bisa selesai dikerjakan dan hari ini kita resmikan.” Ujar Pekey.

Dirinya berharap, Jalan Jambah ini bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat di kampung Enggros, mengingat jembatan ini menjadi sarana jalan yang vital, untuk arus mobilisasi masyarakat setempat.

“Ini termasuk sarana yang vital bagi warga kampung, karena kalau di darat, jalan ini seperti jalan raya bagi masyarakat.” Tandas Pekey.

Pekey menambahkan, ada beberapa titik Jalan Jerambah yang perlu mendapat penanganan karena mengalami kerusakan.

Sehingga nantinya kata Pekey, akan ada koordinasi antara pemerintah kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Dinas PUPR kota Jayapura untuk perbaikan.

Sementara itu Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Enggros, Rully Marten Merauje mengatakan, alokasi anggaran untuk pembangunan Jalan Jerambah dengan Panjang 280 meter tersebut dialokasikan dari dua sumber.

Sumber dana yang pertama jelas Merauje, berasal dari APBD Kota Jayapura melalui Dinas PUPR dan dikerjakan langsung oleh Lantamal X Jayapura, sepanjang 166 meter, dengan total dana 987 juta rupiah.

“Sedangkan untuk dari dana kampung, kita mengerjakan Jalan Jerambah ini sepanjang 114 meter, dengan total anggaran 727 juta.” Terang Merauje.

Dikatakan, untuk tahun 2024 akan ada lagi rehab Jalan Jerambah sepanjang 500 meter.

“Jalan Jerambah ini sangat membantu. Karena menjadi akses jalan utama di kampung Enggros.” Pungkasnya.

(elo)