Febian Samuel Hutubessy Resmi Nahkodai PELIKA Jayapura Periode 2024-2027

Sesepu Pelika saat mengikat Lengso (Saputangan tangan) adat kepada Ketua PELIKA yang baru, tanda ketua yang baru meneruskan tongkat estafet kepemimpinan.

Jayapura,Teraspapua.com – Pengurus Persekutuan Lisaboly Kakelisa (PELIKA) negeri Ouw di Jayapura Periode 2024-2027 resmi dilantik, dinahkodai oleh Febian Samuel Hutubessy. Pelantikan pengurus PELIKA Jayapura ditabiskan dalam ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Sorenthe Ericson Nanuru, S.Si, selaku Ketua Majelis Jemaat GPM Pniel negeri Ouw. Berlangsung di Pondok Lelemuku Holtekamp Jayapura, Minggu (5/5/2025).

Usai pelantikan, Penasehat PELIKA Jayapura Eli Titahena mengatakan, bagi kepengurusan yang baru agar segala sesuatu harus dikomunikasikan dengan anggota yang ada, sehingga kedepan PELIKA Jayapura tetap eksis.

“Selain itu, Titahena juga berpesan kepada Ketua dan pengurus baru agar hidupkan kembali program-program yang sudah fakum. Kemudian yang terpenting, pengurus yang baru jangan menunggu dari kampung halaman untuk minta bantuan, tetapi kita harus koordinasi apa yang mereka perlukan, sehingga apa-apa yang mereka perlukan kita bisa bantu negeri dimana tempat kita putus pusar (tanah kelahiran) ,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretris Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Kota Jayapura, Andreaz Dias, mengucapkan selamat kepada pengurus PELIKA yang baru dilantik.

Suasana pelantikan pengurus PELIKA Jayapura, di pondok Lelemuku.

Andreaz berharap kedepan, setiap kegiatan yang dilakukan oleh pengurus yang baru harus mengetahui Ikemal Kota Jayapura. Karena Ikemal adalah payung hukum tertinggi.

Masih di tempat yang sama Ketua PELIKA yang baru, Febian Samuel Hutubessy mengucapkan terima kasih bagi Basudara PELIKA Jayapura yang sudah percayakan beta (Saya) sebagai ketua PELIKA Jayapura.

“Tentu dalam persekutuan pasti ada gelom (tantangan) boleh terjadi di persekutuan PELIKA Jayapura, tetapi kalau kita bersatu tantangan itu kita bisa lewati,” terang Febian.

Dikatan Febian, pengurus yang baru ini tidak ada apa-apanya kalau tidak didukung oleh anggota-anggota, oleh karena itu kami pengurus yang baru berharap mari sama-sama kita bergandengan tangan untuk memajukan PELIKA di Jayapura.

Untuk program kedepan, lanjut kata Febian tentu kita akan melanjutkan program dari kepengurusan yang lama. Kemudian program berikut kami akan lakukan penataan anggota PELIKA, yang aktif maupun yang tidak aktif.

“Kalau yang tidak aktif, kami pengurus yang baru akan melakukan kekujungan Diakonia kerumah mereka baik itu orang tua maupun pemuda, untuk mengajak mereka berkumpul bersama PELIKA Jayapura,” terangnya.

Kemudian program yang berikut kami akan lakukan program untuk mendukung negeri dimana temapat kelahitan kami yaitu negeri Ouw, dimana anak negeri Ouw yang ada di kota Jayapura akan melakukan penggalangan dana untuk menunjang keperluan organisasi dan juga negeri tercinta, sambungnya.

Febian berharap, dibawa kepemimpinannya, walaupun kami cuman persekutaun kampung tetapi kami bisa berkembang dan berdampak bukan saja bagi orang Maluku, tetapi juga berdampak kepada orang lain di Kota Jayapura yang merupakan honai kita bersama.

Penyerahan berkas berita acara pengembalian aset bergerak dan tidak bergerak dari Ketua yang lama ke Ketua yang baru.

Senada dengan itu, ketua PELIKA yang lama Demianus Likumahua mengungkapkan memimpin persekutuan PELIKA Jayapura tidaklah muda, banyak dinamika yang terjadi. Tetapi saya yakin pengurus yang baru bisa melewatinya dengan cara harus tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan anggota sehingga persekutuan ini dapat berjalan dengan baik.

Likumahua juga meminta maaf, jika dalam kepemimpinannya selama 3 periode ada melakukan kesalahan dan melukai hati dari para anggota, semua yang terjadi tidak ada maksud lain. Tetapi itu demi PELIKA Jayapura.

“Pengurus yang baru harus berdampak, bukan hanya kepada orang Maluku, tetapi juga orang banyak di Kota Jayapura,” harapnya.

Diketahui usai pelantikan Pengurus PELIKA Jayapura, Pengurus yang lama dan yang baru melakukan penandatanganan berita acara penyerahan asset yang bergerak maupun yang tidak bergerak dari pengurus lama ke pengurus yang baru disaksikan oleh Sesepu PELIKA Jayapura Rasmus. D Siahaya.