Puncak HKG PKK ke-52, Pemkot Jayapura Beri Penghargaan Kepada Puluhan Organisasi Wanita

Jayapura, Teraspapua.com – Tim Penggerak PKK kota Jayapura bersama kumpulan Organisasi Wanita se kota Jayapura, merayakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52, di Aula Siansor kantor Walikota setempat, Selasa (07/5/2024).

Perayaan puncak acara peringatan HKG PKK tingkat kota Jayapura, digelar dibawah sorotan Tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”. Dan Subtema ” Kader PKK Penggerak Keluarga, Masyarakat Berdaya Kota Jayapura Melaju”.

Pada kesempatan ini ketua TP PKK kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey, yang membacakan sambutan ketua umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian mengatakan, melalui 10 program pokok PKK diharapkan, TP PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader serta menjalin sinergitas dengan para stakeholder.

Dikatakan, gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Gerakan PKK pada hakekatnya, merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif.” Ujar Maria Yuvita.

Dirinya mengingatkan seluruh kader PKK se-kota Jayapura, bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024 dan rencana strategis gerakan PKK.

Untuk itu dirinya berharap, agar semua kader dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK, untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021- 2024.

“Saya percaya bahwa, hal yang saya sampaikan dalam kesempatan ini, dapat dilakukan oleh TP PKK di semua level pemerintahan, khususnya di kota Jayapura.” Tandasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan ketua umum TP PKK, Maria Yovita G. Pekey selaku Ketua TP PKK kota Jayapura menyampaikan terima kasih kepada seluruh kader PKK se kota Jayapura, atas kontribusi, dedikasi dan kerja keras, dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Sementara itu Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pekey, selaku pembina TP PKK mengatakan, berkaca pada tema HKG ke-52, maka seluruh kader diajak untuk menyatukan upaya, meningkatkan kekuatan dan bahu membahu, menciptakan masa depan yang lebih baik bagi keluarga dan masyarakat.

Sejalan dengan subtema yang diangkat, Frans Pekey menyoroti kekuatan transformatif dari individu-individu yang diberdayakan dalam masyarakat, yang telah mengambil tanggungjawab untuk menginspirasi orang lain.

“Semangat inilah yang ingin saya tanamkan dalam diri setiap kader dan anggota PKK. Semangat pemberdayaan inisiatif dan kemajuan.” Tandas Pekey.

Pada momentum ini, Frans Pekey mendorong para ibu untuk menjalankan peran sebagai kader dengan sepenuh hati, untuk menjadi perubahan yang ingin dilihat di masyarakat.

“Mari kita maju bersama, bergandengan tangan dengan tekad dan semangat. Karena kita tahu bahwa upaya kita hari ini, akan menentukan nasib generasi yang akan datang.” Pungkas Pekey.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kota Jayapura memberikan penghargaan kepada ketua-ketua organisasi wanita se-kota Jayapura, yang dinilai telah berkontribusi dan berkolaborasi dengan pemerintah, guna memajukan kota Jayapura.

(elo)