Pemuda OAP Ikut Pengembangan Wirausaha Pemula Yang Digelar Dispora Kota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Dalam rangka membangkitkan motivasi berwirausaha dan membantu Pemuda menemukan ide usaha, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Jayapura, menggelar giat Pengembangan Wirausaha Muda Pemula Bagi Orang Asli Papua (OAP)

Giat yang digelar, Rabu (8/5) pagi ini bertujuan, memberikan kesempatan kepada pemuda OAP untuk mendapatkan pelatihan dan peralatan usaha, guna meningkatkan kemampuan dan mengembangkan usaha, serta membentuk wirausahawan OAP yang mandiri.

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura yang diwakili Asisten I Setda kota Jayapura, Evert Nicolas Merauje, yang membuka giat tersebut mengatakan, pemerintah kota Jayapura terus berupaya dalam membangun wirausaha muda secara berkesinambungan.

Upaya tersebut lanjut Merauje, terus dilakukan. Melalui kebijakan fasilitas, maupun peningkatan SDM para pengelola, baik koperasi dan usaha kecil, maupun masyarakat secara luas.

“Peningkatan usaha di kota ini, akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus mewujudkan ibu kota provinsi Papua ini sebagai kota perdagangan dan jasa.” Tandasnya.

Dikatakan, dengan diberlakukannya otonomi khusus, maka pembinaan wirausaha diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu kata dia, menjadi seorang wirausahawan yang tangguh harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, serta perilaku dan mental yang tangguh, yang dapat diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan serta pengalaman kerja.

Bertolak dari kondisi ini kata Merauje, maka Pemkot Jayapura melalui Dispora melaksanakan kegiatan ini, agar peserta dapat memahami dan melaksanakan prinsip-prinsip manajemen kewirausahaan, sehingga dapat membawa perubahan dalam menata usaha.

“Pesan saya, saudara sekalian harus maju dan mampu menjaga kualitas usaha yang ditekuni. Karena kesuksesan sangat bergantung kepada kualitas usaha yang dihasilkan.” Pungkas Merauje.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota Jayapura, Rocky Bebena berharap, dengan dukungan peralatan yang nanti diberikan, berupa mesin peras jeruk, blender dan mesin pres gelas, bisa meningkatkan nilai jual usaha para peserta.

“Nanti akan kita dampingi dan kita lihat proses perkembangan dari usaha mereka.” Ujarnya.

Yang paling penting tambah Bebena, bagaimana para pengusaha muda OAP ini menarik konsumen, dengan tetap menjaga citra rasa dari usaha yang digeluti.

Karena menurutnya, kunsumen akan tertarik dan menetap, jika cita rasa dari usaha bisa dipertahankan dan tidak berubah.

Pada kesempatan ini, Rocky Bebena juga mendorong peserta untuk memanfaatkan media sosial untuk mencari pelanggan. Karena kata dia, mencari konsumen lewat media sosial akan lebih mudah.

“Kami mendorong agar mereka yang punya usaha ini tidak hanya duduk dan menunggu, tetapi memasarkan dengan memanfaatkan media sosial yang ada,” tandas Rocky.

Dirinya menambahkan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 42 orang. Terdiri dari 19 laki-laki dan 23 perempuan, yang berasal dari 5 distrik se kota Jayapura.

Dirharapkan, 42 pengusaha muda OAP ini bisa menjadi Pioner dan motor penggerak untuk pemuda pemula yang lain di wilayah masing-masing.

“Ini menjadi harapan kita. Sehingga nantinya pemuda tidak hanya memanfaatkan teknologi untuk hiburan semata, tetapi bisa mengembangkan diri lewat dunia usaha.” Pungkasnya.

(elo)