Lomba Sambut HAN ke-40 Tingkat Kota Jayapura di Holtekamp, Libatkan 137 Lembaga PAUD

Jayapura, Teraspapua.com – Pokja Bunda PAUD kota Jayapura bersama organisasi mitra PAUD, seperti Himpaudi, IGTKI dan DPC Perkumpulan Penyelenggara  PAUD, Darmawanita Persatuan bersama TP PKK kota Jayapura, berkolaborasi dalam pelaksanaan berbagai lomba, dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) ke-40, Selasa (11/6/2024).

Pelaksanaan lomba-lomba tersebut bertujuan untuk membangun kemampuan pondasi anak, sebagai bentuk pengenalan pertama anak terhadap nilai-nilai baik yang dimiliki.

Berlangsung di gedung serba guna pemerintah Kampung Holtekamp distrik Muara Tami, giat yang diawali dengan lomba Bercerita oleh guru PAUD dari 14 Kampung ini, melibatkan 137 lembaga PAUD se kota Jayapura, serta beberapa perwakilan SD di Muara Tami.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Jayapura, Abdul Majid yang membuka giat tersebut mengatakan, berbagai lomba yang dilaksanakan tentunya akan menguji serta melatih ketangkasan fisik dan pikiran anak.

Selain itu kata Majid, keterlibatan guru serta orang tua siswa, tentu akan membuat kegiatan ini berjalan dengan baik karena adanya kolaborasi, antara panitia, guru, orang tua dan anak didik.

“Saya berharap, peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, dapat memberikan inspirasi dan komitmen untuk membangun kota Jayapura, menjadi kota yang ramah dan layak anak.” Tandas Abdul Majid.

Sementara itu Bunda PAUD kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey menyebutkan, peringatan HAN ke-40 ini dilakukan, untuk menggerakkan seluruh potensi anak usia dini yang ada di kota Jayapura.

Dikatakan, ada 137 PAUD di kota Jayapura. Dan masing-masing harus mengirimkan perwakilan siswanya untuk mengikuti kegiatan ini.

“Karena ini kesempatan penting bagi anak untuk berkreasi. Kemudian meningkatkan kapasitas dirinya dan berani untuk tampil, mengikuti berbagai lomba,” ujar Maria Yuvita

Selain itu kata Maria, lomba-lomba ini adalah cara untuk membangun enam kemampuan pondasi motorik anak.

Untuk itu, para guru harus menggerakkan serta meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang guru PAUD, sehingga dapat mendidik anak-anak PAUD  dengan baik.

“Karena itu, pengerahan seluruh potensi SDM yang dimiliki oleh masing-masing sekolah, termasuk kemampuan manajerial seorang kepala sekolah sangat penting.” Tandasnya

Dirinya menambahkan, tema yang diangkat pada peringatan HAN ke-40 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Dengan mengambil subtema, Mewujudkan Pendidikan Inklusif dan Berkeadilan di Kota Jayapura.

“Itu artinya bahwa, semua anak mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat menikmati pendidikan yang setara.” Pungkas Maria.

Pada kesempatan ini kepala Kampung Holtekamp, Abraham Merauje menyampaikan terimakasi kepada Pokja PAUD yang sudah memilih Holtekamp sebagai lokasi peringatan HAN 2024.

Untuk itu kata Merauje, sebagai bentuk apresiasi kepada Bunda dan para guru PAUD, maka biaya sewa gedung serbaguna milik pemerintah kampung tersebut digratiskan.

“Karena ini untuk acara PAUD, maka kami tidak akan menerima pembayaran biaya sewa gedung ini.” Papar Merauje.

Untuk diketahui, lomba-lomba dalam menyongsong HAN ke-40 Tahun 2024, diantaranya lomba menggambar sesuai dengan imajinasi anak tentang lingkungan, lomba lempar bola ke dalam keranjang, lomba bercerita untuk guru PAUD dan SD, serta lomba lompat puzzle.

(santy)