Puncak HAN 2024 Jadi Momentum Terakhir Presiden Jokowi Datang di Papua

Jayapura, Teraspapua.com – Puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024, akan menjadi momentum terakhir Presiden Jokowi Dodo berkunjung ke Papua sebagai kepala negara.

Perayaan Hari Anak tingkat Nasional tersebut akan melibatkan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura selaku tuan rumah penyelenggara, dan akan dipusatkan di Stadion Lukas Enembe Jayapura.

banner 325x300banner 325x300

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Christian Sohilait menyampaikan hal tersebut, usai mengikuti rapat koordinasi persiapan HAN di kantor Gubernur Provinsi Papua, Rabu (03/07/2024).

Sohilait mengatakan, terpilihnya kota Jayapura dan kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah HAN 2024 patut disyukuri, karna akan membawa dampak positif bagi Papua.

“Ini juga momentum terakhir bagi Presiden Joko Widodo hadir di Papua, sebagai kepala negara.” Papar Sohilait.

Untuk itu kata dia, beberapa rangkaian acara yang di dominasi oleh anak-anak sebagai pendukung acara, sudah dipersiapan dengan baik.

Diantar beberapa kegiatan tersebut, lanjut Sohilait. Ada juga tarian kolosal Papua yang melibatkan 2000 anak-anak pelajar, yang nantinya akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Dikatakan, ada juga desainer-desaineir muda anak-anak asli Papua, yang akan menampilkan karya-karya terbaiknya di hadapan Presiden dan Ibu Negara.

“Selain itu ada marching band, yang akan dimainkan oleh anak-anak TK. Yang semuanya adalah anak-anak asli Papua.” Ujarnya.

Namun dikatakan, momentum yang paling penting pada perayaan HAN 2024 di Jayapura adalah, lewat kegiatan ini akan banyak support yang datang dari pemerintah pusat terhadap dunia pendidikan di Papua.

Salah satunya kata Sohilait, adalah bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) secara online, yang akan diberikan kepada 1000 anak dalam bentuk beasiswa

“Saya pikir ini momentum yang sangat baik yang harus kita tangkap dari momentum Perayaan Hari Anak Nasional tahun 2024 di Papua.” Pungkas Sohilait.

Dirinya menambahkan, pada prinsipnya pemerintah kota Jayapura siap mendukung kehadiran Presiden dan Ibu Iriana, serta menyukseskan puncak perayaan HAN Nasional 2024.

(santy)