TP PKK – IKAPTK Kota Jayapura Gebrak Masker dan Kerja Bakti di Dua Kelurahan

Jayapura, Teraspapua.com – Tim Penggerak PKK dan IKAPTK Kota Jayapura Gebrak masker dan kerja bakti bersama warga masyarakat Kelurahan Gurabesi dan Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara, Sabtu ( 27/03/2021).

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano selaku ketua Komisioner V DPN- IKAPTK dan Ketua TP PKK Kota Kristhina Luluporo Mano, Kepala Distrik Jayapura Utara Adam Rumbiak dan Kepala Distrik Jayapura Selatan Jaya Kusuma, Lurah Gurabesi dan Lurah Bhayangkara, turun langsung pada kegiatan tersebut.

Ketua TP PKK Kota Kristhina Luluporo Mano mengatakan, hari ini kita akan berbagai masker kepada warga di dua kelurahan, Gurabesi dan Bhayangkara. Sembari berharap warga disiplin untuk menggunakan masker.

“Beberapa waktu lalu kita dilakukan pantauan, ternyata banyak warga yang tidak disiplin dalam menggunakan masker. Oleh sebab itu kerinduan hati saya, agar warga di sini juga tetap sehat,” kata Kristhina.

Selain membagikan masker, akan dilakukan juga pembersihan. Kristhina berharap warga Kelurahan Bhayangkara dan Gurabesi tidak membuang sampah di sekitar kali.

“Jika kita sudah kerja bakti, maka warga harus menjaga kebersihan, sembari berharap sampah jangan dibuang ke saluran. Jika kita mencegah Covid-19, maka kebersihan juga harus dijaga,” cetusnya.

Kembali diingatkannya, semua warga punya tanggung jawab untuk menjaga kebersihan. Karena jika tidak, maka datang hujang, banjir kita sendiri yang stengah mati. Pasalnya, tidak ada perilaku hidup sehat dalam diri kita sendiri,” tukasnya.

Wali Kota Benhur Tomi Mano dalam sambutan juga mengingatkan dalam gebrak masker harus ada keterlibatan masyarakat di tempat ini, karena situasi kota Jayapura, Papua dan Indonesia kita berada pada pandemi Covid – 19.

“Masker itu sangat penting sebagai salah satu pelindung diri, supaya kita tidak terpapar Covid – 19 dan juga saya ingatkan kepada warga, Camat, Lurah, RT dan RW selalu menghimbau masyarakatnya untuk tiap hari wajib memakai masker kalau keluar rumah,” ujarnya.

Benhur Tomi Mano juga minta Camat, Lurah, RT dan RW selalu mengingatkan warga masyarakatnya, untuk buang sampah pada tempatnya.

“ Kalau kita mengingatkan terus mereka akan patuh, taat dan sadar pentingnya kebersihan dan memakai masker untuk kesehatan kita,” tgasnya.

Dikatakannya, kebersihan menjadi tanggungjawab kita semua, bukan tanggung jawaba pemerintah semata, tapi tanggung jawab semua orang yang tinggal di kota ini. Jagalah kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya.

Untuk itu Tomi Mano minta, TP PKK jadi pionir bagi keluarganya, tetangganya bagi lingkungannya dan kita sama-sama putus mata rantai Covid-19 di kota Jayapura.

Wali Kota juga membeberkan, Satgas akan melakukan yustisi penertiban sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2020 di masa pandemi Covid – 19 menuju tatanan kehidupan baru di wilayah kota Jayapura.

“Dalam isi Perda itu yang harus diketahui oleh masyarakat yaitu setiap keluar rumah wajib memakai masker, untuk orang perorangan,” ungkapnya.

Kami sudah melakukan yustisi di kantor pengadilan negeri kelas 1A Jayapura beberapa waktu lalu. Dan sudah dilakukan evaluasi dan rencana akan mulai lagi dengan yustisi ini.

Para Camat, Lurah, RT dan RW harus memberikan edukas dan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

(Let)