Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Kantor Dan Ruang Fakultas Fisip USWIM Nabire

!12 Ruangan Fakultas Fisip USWIM Nabire, hagus terbakar dilahap Si Jago Merah.

Jayapura,Teraspapua.com – Kepolisian Resor Nabire saat ini tengah mendalami kasus kebakaran yang terjadi di Universitas Satya Wiyata Mandala Kabupaten Nabire, Senin (16/1/2023).

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.15 WIT malam, hingga mengakibatkan Gedung Fakultas USWIM Nabire yang berjumlah 13 Ruangan yang terdiri dari 1 Ruang Kantor FISIP dan 12 Ruang Study hangus terbakar.

Peristiwa yang terjadi malam hari itu pun dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, menurut Saksi I yakni Lukas Wery dan Saksi II Zeth Wery, api diduga berasal dari tempat fotocopy yang berada di Fakultas USWIM, karena terlihat api menyala dari ruang tersebut dan membakar beberapa bagian ruangan.

“Melihat adanya api, kemudian saksi I dan saksi II menelepon Bendahara USWIM yakni Saudara Petrus Mangambe untuk segera menghubungi Pemadam Kebakaran karena api yang semakin membesar,” ungkap Benny Ady, dalam rilisnya yang diterima media ini, Selasa (17/1/2023).

Ia menambahkan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIT oleh Damkar Polres Nabire, namun api yang terlanjur membesar sudah menghanguskan seluruh bangunan pada ruangan kantor dan kelas Fakultas FISIP USWIM Nabire. Sehingga mengakibatkan terbakarnya seluruh ruang bangunan dan kelas pada Fakultas USWIM Nabire yang berjumlah 13 ( tiga belas ) ruangan tersebut.

“Dapat kami lihat sendiri bahwa konstruksi seluruh bangunan Fakultas sebagian besar terbuat semi permanen dari bahan kayu yang mudah terbakar sehingga memudahkan api menjalar dengan cepat,” terangnya.

Ia menyampaikan, untuk kerugian materiil sementara belum dapat diperkirakan namun secara keseluruhan bangunan pada Fakultas Fisip Uswim Nabire tersebut habis terbakar.

“Kami akan segera melakukan Olah TKP untuk mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran tersebut serta menghitung kerugian yang dialami akibat peristiwa ini,” tutup Kombes Benny Ady.