Tim Gabungan Evakuasi Korban Gempa di Cafe Carita Kota Jayapura

Jayapura,Terasspapua.com – Kepolisian Daerah Papua melalui Dit Polairud Polda Papua, Polresta Jayapura Kota dan TNI serta Basarnas berhasil mengevakuasi korban dampak bencana gempa bumi dengan kekuatan 5,4 Magnitudo yang terjadi di Kota Jayapura, Kamis (09/02/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, menjelaskan sekitar pukul 15.28 wit telah terjadi gempa bumi di Kota Jayapura yang menyebabkan rumah makan Carita ambruk ke laut.

banner 325x300banner 325x300

Dari kejadian terdapat korban jiwa sejumlah 4 orang meninggal dunia yakni Maya, Rista, Ani, dan Astrid. Sedangkan korban luka-luka 3 orang yakni Roberth WD. Sallibun, Nevi P. Salamena dan Prisicilla GN. Sallibun. Untuk korban meninggal dunia merupakan karyawan Cafe Cirita,” ungkap Kabid Humas.

Personel Dit Polair Polda Papua bersama TNI AL dengan menggunakan alat selam berhasil mengevakuasi para korban yang jatuh bersama reruntuhan bangunan cafe Cirita di laut.

Kombes Benny menjelaskan untuk saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Dok II untuk dilakukan penanganan lebih lanjut dan berharap masyarakat untuk tetap waspada gempa yang terjadi cukup intens tetap waspada namun jangan panik.

“Bila bangunan sudah retak silahkan evakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di pinggir pantai agar dihindari, mari kita belajar dari pengalaman yang sudah ada,” tutupnya.

Ditempat berbeda, Wiwin salah satu warga masyarakat Kota Jayapura mengatakan penting bagi masyarakat memiliki pengetahuan tentang gempa. Hal ini bukan sebagai ramalan atau amaran gempa.

Ia berharap, dengan pengetahuan tersebut akan sedikit mengurangi kepanikan sehingga masyarakat menjadi lebih tahu dan lebih siap tentang apa yang harus dikerjakan ketika bencana alam terjadi.

“Salah satu upaya manusia tentu saja untuk mencoba mengetahui dan mengerti apa yang telah, sedang dan akan terjadi,” tuturnya.