DAERAH  

FGD YPK di Merauke, Pj Gubernur Apolo Safanpo Akui Tidak Sedikit Anak Papua Dibina Oleh YPK

Merauke, Teraspapua.com – Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen (BP-YPK) di Tanah Papua menggelar Fokus Group Diskusi (FGD) dengan tema “Problematik dan Babak Baru Pengembangan Yayasan Pendidikan Kristen.

Momen yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu dan Ketua YPK di Tanah Papua, Joni Y. Betaubun dan ketua Dewan Pengawas, Kristhina L. Mano  ini, berlangsung di Hotel Careinn kota Merauke, Jumat (07/7/2023). Dengan menghadirkan ratusan guru YPK baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

banner 325x300

Dikesempatan ini Pj. Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo mengatakan, selama 61 tahun YPK berkarya di tanah Papua dan tidak sedikit anak-anak Papua, khususnya Papua Selatan, yang di didik dan dibina oleh GKI Tanah Papua melalui YPK, dan kini sudah banyak berkarya dan melayani di tanah Papua.

 

Dirinya berharap, apa yang dilakakukan oleh YPK terus ditingkatkan, sehingga terus menghasilkan generasi-generasi yang mampu bersaing di masa yang akan datang.

Lanjut dikatakan, Pemerintah Papua Selatan siap mendukung GKI dan YPK, guna membangun SDM di tanah Papua Selatan. Karena menurut dia, hal tersebut selaras dengan program prioritas Presiden, yang menekankan pada pembangunan dan SDM yang harus dilaksanakan oleh pemerintah di semua jenjang.

“Jadi kita akan tetap mendukung dan bersama-sama melaksanakan pengembangan SDM, bersama GKI dan YPK di Tanah Papua.” Pungkas Apolo Safanpo.

Sementara itu Ketua Sinode di GKI di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, di tempat yang sama menyebutkan. FGD yang dilakukan, merupakan langkah awal yang baik dari pengurus YPK periodesasi ini, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kedepan.

Kehadiran Pj. Gubernur Papua Selatan dalam FGD tersebut kata Andrikus Mofu, sebagi bentuk perhatian luar biasa yang ditunjukan oleh pemerintah kepada dunia Pendidikan, melalui YPK.

Seiring digelarnya FGD YPK ini, Andrikus Mofu meyakini, kebangkitan dan kejayaan Pendidikan Kristen lewat YPK Tanah Papua, akan segera terwujud.

 

“Bahwa mimpi dan harapan kita semua, dengan pengurus yang baru ini, maka kebangikat YPK sebagaimana yang pernah terukir dalam sejarah 61 tahun lalu, kiranya dapat terlaksana dan terwujud kembali.” Tandas Andrikus Mofu.

Sementara Ketua YPK di Tanah Papua, Joni Y. Betaubun menyebutkan. Pelaksanaan FGD di Merauke, merupakan hasil rapat internal pengurus YPK, yang memutuskan FGD YPK di mulai dari provinsi Papua Selatan.

Dikesampatan ini, Joni Betaubun memberikan apresiasi kepada Pj. Gubernur Papua Selatan, yang telah memberikan perhatian khusus, serta perhatian dan dukungan langsung, dengan menghadiri pembukaan FGD tersebut.

“Kami atas nama pengurus YPK, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur, yang telah memberikan perhatian khusus kepada Pendidikan di Papua Selatan, secara khusus YPK.” Papar Betaubun.

Selain itu, Betaubun juga menyampaikan terimakasih atas bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah Papua Selatan, terkait akan dibangunnya asrama, yang akan dikelola oleh YPK serta bantuan lainnya.

“Ini merupakan bentuk perhatian bapak gubernur, untuk dunia Pendidikan. Untuk itu sekali lagi kami memberikan apresiasi kepada Gubernur dan jajarannya dan juga pemerintah kabupaten Merauke, Asmat, Mapi dan juga Boven Digoel.” Tutup Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura itu.

(Dani/Har)