KKB Aniaya 5 Orang Tenaga Medis di Puskemas Amuma

Yahukimo,Teraspapua.com – KKB serang dan aniaya 5 orang tenaga Medis Tim Cadangan Kesehatan Kesehatan (TCK) Emergenci Medical Regional Papua Di Puskesmas Amuma, Distrik Amuma Kabupaten Yahukimo, Selasa (31/10/2023)

Terkait kejadian itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno, membenarkan jika kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIT.

banner 325x300banner 325x300

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, kejadian bermula pada hari Selasa tanggal 31 Oktober 2023 sekitar pukul 10.00 Wit, saat 5 orang Tim TCK berada di tempat tinggal mereka di kantor Puskesmas Distrik Amuma.

Mereka mendengar ada suara teriakan dari atas bukit, setelah beberapa saat terlihat sekitar 20 orang kelompok KKB dengan wajah yang di hitamkan dengan menggunakan alat tajam Busur Panah, Kampak, Parang dan Senjata Api lasar pendek dan laras Panjang. Kemudian KKB merusak jendela dan pintu tempat tinggal Tim Tenaga Kesehatan dan menyuruh kelima Nakes keluar ruangan.

“Kemudian para korban yang laki-laki ditelanjangi hanya menggunakan celana dalam saja, ditendang, dipukul dan ada yang dibacok tangannya. Selanjutnya kelompok KKB tersebut mengambil Hand Phone dan memeriksa tas serta identitas para korban,” teranya.

Adapun Identitas korban penganiayaan sebagai berikut, Angganita Mandowen, 41 Tahun, Kristen, Biak, Koordinator Tim Crisis Center Regional Papua. (Luka lebam pada mata kiri dan kanan).

Sandy Ransar, 23 tahun, Kristen, Toraja, Anggota Nakes Tim Crisis Center Regional Provinsi Papua, (Luka lebam di pipi sebalah kiri).

Ferdinandus Suweni, 33 Tahun, Kristen, Serui, Anggota Nakes Tim Crisis Center Regional Provinsi Papua, (Luka lebam pada mata sebelah kiri, lebam pada belakang telinga sebelah kanan dan luka lebam pada Rusuk sebelah kanan).

Adrianus Edwardus Harapan, 32 Tahun, Anggota Nakes Tim Crisis Center Regional Provinsi Papua, (Luka Robek pada tangan kiri dan ibu jari tangan kiri, luka lebam di punggung belakang, luka lebam di wajah bagian kanan dan luka robek pada bibir bawah).

Dr. Danur Widura, 39 Tahun, Islam, Jawa, Ketua Tim Crisis Center regional Provinsi Papua, (Luka lebam pada wajah sebelah kiri dan kanan, Luka Lebam di punggung belakang dan luka lebam di Rusuk sebelah Kiri).

“Saat ini Kelima Nakes korban penganiayaan KKB, siang tadi telah diberangkatkan dengan Pesawat Doyo ke Jayapura” ujar Bayu

Terkait tindak lanjut kepolisian, Bayu menyampaikan akan melakukan penyidikan terhadap kasus ini dan akan melakukan penegakkan hukum.

“Akan kami tindak tegas” Pungkas Bayu.