Gelar Bimtek, Pemkot Jayapura Hadirkan Inovasi Layanan Online Pace Mace

Kadis Dukcapil, Plt Asisten III, Pendeta, Staf Ahli Wali Kota saat foto bersama peserta Bimtek

Jayapura, Teraspapua.com– Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi online Pelayanan Cepat Masyarakat Cerdas atau Pace Mace.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M, Msi yang diwakili oleh pelaksana tugas (Plt) Asisten III Setda Kota Jayapura, Nur Bi Adji di Grand Abe Hotel, Jumat (24/11/2023).

banner 325x300banner 325x300

“Selaku Penjabat Wali Kota, saya turut berbahagia atas terobosan-terobosan yang sudah dilakukan untuk kita dapat bersama-sama dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kota Jayapura, khususnya pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil,” kata Nur Bi Adji saat membackan sambutan Pj Wali Kota.

Dikatakan, kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dinamis seiring dengan perkembangan teknologi informasi menuntut pemerintah sebagai pemberi layanan kepada masyarakat, tentunya harus mampu untuk mengembangkan Inovasi dan menyediakan berbagai model dan alternatif layanan kepada masyarakat.

Kota Jayapura merupakan kota yang heterogen, maka peningkatan pelayanan publik memerlukan berbagai alternatif inovasi, layanan yang diberikan harus dapat menjawab kebutuhan yang diperlukan masyarakat kota Jayapura.

“Oleh sebab itu, pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura menghadirkan satu inovasi lagi dalam pelayanan online yang disebut dengan Pace Mace atau Pelayanan Cepat Masyarakat Cerdas.

Diakatakan, dengan adanya layanan online Pace Mace ini, dimaksudkan agar dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukannya secara mandiri, dan diakses secara langsung kapan saja dan di mana saja guna pencetakan KTP, Kartu Identitas Anak dan Kartu Keluarga.

“Selain itu, dapat membantu warga dalam kepemilikan Akta Kelahiran, maka pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura telah melakukan kerjasama dengan seluruh rumah sakit yang ada di kota Jayapura,” terangnya.

Sehingga, setiap proses kelahiran di rumah sakit, pihak rumah sakit dapat menerbitkan Akte Kelahiran, dan dokumen terkait lainnya seperti, Kartu Keluarga maupun Kartu Identitas Anak (KIA).

Ditambahkan, menjadi kunci utama dalam peningkatan efisiensi dan kualitas pelayanan dengan mengacu aplikasi ini diharapkan proses pengajuan dokumen kependudukan dapat berjalan lebih cepat efisien dan efektif,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Seksi Kerjasama Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil kota Jayapura, Dwi Utami, SE, M.Si, dalam laporan mengatakan, Bimtek dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para Sahabat Dukcapil dan petugas rumah sakit dalam melakukan proses pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil berupa, pembuatan akta kelahiran, kartu identitas anak, akta kematian, KTP-el dan Kartu keluarga Melalui aplikasi online Pace Mae (Pelayan Cepat Masyarakat Cerdas).

“Melalui Bimtek ini diharapkan agar masyarakat kota Jayapura memperoleh informasi pengurusan dokumen kependudukan melalui aplikasi online Pace Mace dapat diakses kapan saja di mana saja,”ujarnya.

Masyarakat kata Dwi Utami, dapat melakukan pencetakan secara mandiri di rumah atau dapat dicetak melalui mesin anjungan dukcapil Mandiri yang tersedia di Mall Pelayanan Publik Entrop dan Saga Mall Abepura.

Ditambahkan untuk peserta Bimtek terdiri dari Sahabat Dukcapil dan petugas Rumah Sakit Se-kota Jayapura dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil kota Jayapura,” tutup dia.

(Har)