DP3AKB Kota Jayapura, Gelar Advokasi Program Bangga Kencana Percepatan Penurunan Stunting

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), menggelar giat Advokasi Program Bangga Kencana oleh Pokja Advokasi kepada stakeholder dan mitra kerja melalui koordinasi tim percepatan penurunan stunting di kota Jayapura, Kamis (10/07/2024).

Dibuka oleh Asisten II Setda kota Jayapura, Widi B. Hartanti, giat tersebut diikuti para pimpinan OPD lingkup Pemkot Jayapura, Kepala Distrik, Kepala Kelurahan dan Kepala Puskesmas se Kota Jayapura, serta perwakilan tim pendamping Mitra Kerja dan PKK.

banner 325x300banner 325x300

Pada kesempatan ini Widi Hartanti berharap, melalui kegiatan ini peserta dapat memberikan pengetahuan yang baik kepada masyarakat mengenai gizi, dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting.

Hal tersebut perlu dilakukan tambah Widi Hartanti, guna mewujudkan sumber daya manusia yang sehat cerdas dan produktif.

“Kita semua harus bekerja dengan keras, agar percepatan penurunan stunting di kota Jayapura dapat tercapai,” ujarnya.

Oleh karena itu dikatakan, para peserta yang hadir pada giat ini punya kewajiban untuk berperan aktif dalam penurunan stunting, dengan tujuan untuk menurunkan prevalensi stunting.

Dirinya menambahkan, rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting, juga didukung dengan kegiatan prioritas yang mencakup penyediaan data keluarga beresiko stunting.

Selain itu lanjut dia, program prioritas lainnya adalah pendampingan keluarga beresiko stanting, surveilans keluarga beresiko stunting dan audit kasus stunting.

Untuk itu dikatakan harus ada senergitas program masing-masing instansi. Dengan demikian lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal, anak dapat diciptakan.

“Maka penting bagi kita semua untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif, dalam program-program tersebut.” Tandasnya.

Menurutnya, keberhasilan program ini tidak hanya bergantung pada pemerintah, tetapi juga memerlukan peran serta aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Untuk diketahui, narasumber yang dihadirkan pada giat advokasi tersebut berasal dari unsur DP3AKB kota Jayapura, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, serta koordinator program manager Satgas Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Provinsi Papua.

(santy)