Dukcapil Harap Dunia Usaha Berikan Diskon Kepada Pemegang KIA

Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura,Dr.Merlan S.Uloli,SE.MM,Saat Memberikan Keterangan (foto Harley)

Jayapura,Teraspapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah kota Jayapura berharap semua dunia usaha, untuk memberikan diskon kepada anak-anak pemegang Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal ini disampaikan kepala Dispendukcapil ,Dr.Merlan S.Uloli,SE.MM,Selasa (21/1/2020),pasalnya telah dilakukan rapat dengan para pelaku usaha peyediahkan fasilitas untuk anak,senin kemarin yang dipimpin Wali kota Jayapura .Dr.Benhur Tomi.Mano.MM.

banner 325x300banner 325x300

Baik itu  Gramedia ,Tirta Mandala ,Koya Resort Kemudian dari kolam renang Ajen,  Cendrawasih , solaria dan KFC ,yang menyediahkan tempat bermain anak,kolam renang ,kuliner ,tata boga yang diadakan untuk keperluan  anak-anak .

“Tujuan dari  rapat tersebut adalah kita mengajak dunia usaha atau para pengusaha yang bergerak di bidang penyediaan kebutuhan untuk anak  mau berkontribusi, berpartisipasi untuk  mereka  ikut dan mengambial bagian untuk menertibkan dokumen kependudukan.

Kami berharap mereka memberikan diskon kepada pemegang Aartu Identitas Anak (KIA) “cetusnya.

 Menurut Merlan ,kemarin kita baru rapat pertama dan  akan berlangsung dengan rapat kedua,karena dari 30 dunia usaha yang kita undang baru 10 yang hadir .

Dijelaskan , rapat pertama  sebagian besar sudah bersedia atas apa yang diinginkan oleh pemerintah kota .Hanya kita akan menetapkan berapa diskonnya, harus sesuai dengan kemampuan dari masing-masing badan usaha itu sendiri .

Rencana ini menurut Merlan ,merupakan bagian dari Dukcapil untuk membentuk  ekosistem dokumen kependudukan .

Artinya tidak hanya pemerintah yang punya tanggung jawab, tapi semua elemen masyarakat yang ada di kota Jayapura,khusus para pengusaha yang sudah berusaha di atas tanah ini “ujarnya.

Kadis yang banyak melahirkan inovasi di Pemkot Jayapura ini juga menyebutkan nanti akan ada beberapa kali pertemuan lagi untuk  kesepakatan ,karena masing – masing usaha  berbeda tingkat  diskon yang mereka berikan kepada pemegang KIA.

Untuk menindak lanjuti hasil pertemuan ini menurut Kadis,akan ditindak lanjuti dengan penandatanganan MoU.

Dr.Merlan Uloli juga menyebutkan para pelaku usaha yang hadir pada rapat teraebut yaitu .Gramedia,Tirta Mandala , Koya Resort .

Kemudian dari kolam renang Ajen , kolam renang Cendrawasih .Sementara untuk pengusaha kuliner seperti Solaria .

” Jadi anak-anak ini dalam hal kesehatan ,pendidikan , rekreasi olahraga renang  kita harapkan , bagaimana kepedulian Dukcapil dalam rangka mendukung kota Jayapura menuju kota layak anak “ujarnya.

Dari hasil rapat wali kota Jayapura.Dr.Benhur Tomi Mano.MM,sangat merespon baik karena kota Jayapura terus didorong menjadi kota tertib dokumen kependudukan,menuju kota layak anak.

 Semua ini dikuatkan dengan undang-undang nomor 2 tahun 2016, undang-undang nomor 23 tahun 2006 terkait dengan dokumen kependudukan.Peraturan Daerah (Perda) kota Jayapura nomor 2 tahun 2016 yang yang menjadi dasar “tandasnya.

(Let).