Pemkot Jayapura Gelar Sosialisasi Pengoperasian SIKaP Bagi Pelaku Usaha Papua

Peserta Sosialisasi dari Pengusaha Papua

Jayapura,Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Bagian Pengadaan Barang/Jasa menggelar Sosialisais Pengoperasian Sistim Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) bagi pelaku usaha Papua .Selasa (18/2/2020).di gedung Sian Soor setempat

Kepala Bagian Pemgadaan Barang /Jasa,Asep Akbar Mulyana Khalid,ST.dalam laporan mengatakan Maksud dilaksanakan sosialisasi ini ,agar proses pengadaan barang barang dan jasa di kota jayapura dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Sementara tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman kepada para pelaku usaha/pengusaha, khususnya pengusaha papua.

Mereka harus paham mengenai aplikasi sistem informasi kinerja penyedia (sikap) yang dapat mendukung proses tender cepat dan pengadaan langsung di lingkungan pemerintah kota jayapura.

Lanjut dirincikan untuk peserta adalah para pengusaha lokal dari asosiasi gapensi, gapeknas, gapeksindo, gabpeknas, ardindo, ardin, askonas, inkindo, perkindo, askonas, dan aspeknas.

Wali Kota ,Benhur Tomi Mano dalam sambutan yang diwakili Wakil Wali Kota,Rustan Saru mengatakan teknologi saat ini telah mengalami peningkatan yang sangat pesat, tidak hanya terjadi di satu bidang namun telah terjadi di semua segi kehidupan manusia.

” Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah perkembangan teknologi komputer yang telah mengalami evolusi yang sangat cepat “ungkapnya.

Dengan adanya perkembangan komputer dapat memberikan banyak keuntungan berupa ketepatan waktu, ketepatan penanganan dokumen,

Lanjut dikatakan Rustan,lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah telah meluncurkan aplikasi sistem informasi kinerja penyedia (sikap).

Tentu berupa aplikasi yang merupakan subsistem dari sistem pengadaan secara elektronik yang digunakan untuk mengelola data atau informasi mengenai riwayat kinerja dan data kualifikasi penyedia barang/jasa.

Informasi ini antara lain mencakup identitas pokok, ijin usaha, pajak, akta pendirian, pemilik, tenaga ahli dan pengalaman “imbuhnya.

fungsi SIKaP lanjut Rustan,untuk mendapatkan penyedia yang benar qualified berdasarkan jenis atau kompetensi usaha yang dimilikinya, memudahkan segala proses penghitungan jumlah penyedia .

Kemudian memudahkan proses pengolahan data penyedia dan dapat memusatkan data penyedia di seluruh indonesia.

“ Dengan implementasi sistem ini, diharapkan proses pengadaan secara elektronik yang lebih cepat, efisien, efektif tanpa meninggalkan asas akuntabilitas dan transparan”ucapnya.

Ditambahkan,pemerintah kota Jayapura telah membentuk bagian pengadaan barang/jasa setda kota jayapura untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Rustan juga  berharap lewat kesempatan ini para pelaku usaha di lingkungan kota jayapura khususnya pelaku usaha papua / lokal  juga perlu mendapat informasi guna meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman mengenai aplikasi SIKaP.

Menurut Rustan,aplikasi SIKaP , sangat berpengaruh dalam proses pemilihan penyedia dimana digunakan untuk mengelola data atau informasi mengenai riwayat kinerja dan data kualifikasi penyedia barang/jasa “pungkasnya.

(Arc).