<

PLN Papua – Papua Barat Bantu 400 Paket Sembako Kepada Warga Kota Jayapura

Penyerahan sembako secara simbolis

Jayapura,Teraspapua.com – Program Peduli sesama ditengah covid -19, PLN unit induk wilayah Papua dan Papua Barat memprogramkan CSR dalam bentuk 400 paket sembako senilai Rp111.364.200 kepada warga kota Jayapura.

John Semuel Yarangga ,senior Manager SDM dan Umum menyerahkan bantuan itu secara sembolis melalui Pemerintah Kota dan diterima langsung oleh Wali Kota,Dr.Benhur Tomi Mano.MM di parkiran main hall setempat di dampingi Wakil Wali Kota,Ir.H.Rustan Saru,MM, Rabu (29/7/2020).

Wali Kota,Benhur Tomi Mano memberikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian PLN Untuk meringankan beban ekonomi warganya yang terdampak covid -19.

“Pemerintah kota telah melakukan refocusing anggaran  untuk penanganan covid 19 di kota Jayapura. Tiga hal yang kita anggarkan yakni penanganan kesehatan , dampak dari covid dan  jaringan pengaman sosial ” terang Wali Kota.

Lebih lanjut di sampaikan Benhur Tomi Mano, untuk mengatasi dampak ekonomi pemerintah kota Jayapura juga mendapatkan saluran bantuan dana PKH dari pemerintah pusat lewat Kementerian Sosial untuk 12 Kepala  Keluarga .Satu KK mendaptkan Rp250 ribu.

Begitu juga dana bantuan sosial Rp600 ribu untuk satu kepala keluarga dan sudah disalurkan mencapai 93 persen. Dan bantuan 10.000 sembako juga dari Presiden RI.

Selain itu juga pembagian sembako kepada masyarakat lewat dinas Sosial ,Perindagkop, Distrik, Kelurahan dan Kampung.

Untuk itu kata Benhur Tomi Mano, bantuan yang diberikan PLN saat ini tentu sangat membantu meringankan beban pemerintah kota . Dan kami akan salurkan kepada masyarakat yang yang betul-betul belum mendapatkan bantuan .Untuk penyaluran satu pintu yaitu lewat dinas sosial.

“Seharusnya semua lembaga, baik itu BUMN ,BUMD ,organisasi apapun harus melihat contoh PLN yang tidak turun langsung untuk menyerahkan sembako tapi terlebih dahulu melapor ke Wali Kota lewat dinas sosial .Ini cara kerja yang betul”puji Wali Kota.

Lanjut dikatakan Benhur Tomi Mano,jika pembagian sembako tidak lewat pemerintah kota maka dipastikan satu KK bisa mendapat empat sembako. Padahal ada warga lain yang sama sekali tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Untuk itu penegasan kepada Dinas Sosial untuk melihat daerah mana yang belum mendapat bantuan sembako itu yang disalurkan.

Namun kata Wali kota rata-rata di wilayah kekuasaannya ini, semua warga kota sudah mendapatkan sembako. Tapi masih banyak juga warga yang tidak jujur “tandasnya.

Sementara itu John Semuel Yarangga Senior Manager SDM dan  Umum mengatakan bantuan sembako kepada warga kota ini merupakan tahap yang ke-2.

“Jadi ini adalah pemberian sembako tahap kedua kepada warga kota tahap 1 telah diserahkan pada bulan Mei juga dalam bentuk CSR sebanyak 500 paket senilai Rp200 juta yang dikoordinir oleh Papua muda inspiratif”ujar Jarangga.

Sehingga untuk sembako tahap kedua sebanyak 400 paket senilai Rp111 Juta .Dimana satu paket  terdiri dari sembilan bahan pokok senilai Rp240 ribu.

Diuraikan satu paket berisikan,beras 5 kg,minyak goreng 2 liter,gula pasir 1 kg,the 4 pcs,kopi 350 gr,susu kaleng manis 2 kg,mie instant 5 pcs,sarden 3 kaleng dan telur 1 rak.

“Hari ini kami serahkan secara simbolis kepada Walikota Jayapura”jelasnya.

Semuel Yarangga juga mengungkapkan yang spesial dari sembako ini adalah berasal dari potongan tunjangan kinerja seluruh pegawai PLN  yang ada di wilayah Papua maupun Papua Barat.

“Jadi kami sudah komitmen untuk memotong tunjangan kerja kami selama 3 bulan berturut-turut.Untuk membantu masyarakat ditengah pandemi ini”pungkasnya.

(Ricko).