Robby Awi : Kerugian Materil Akibat Banjir  Masih Dihitung

Jayapura,Teraspapua.com – Banjir yang melanda beberapa kawasan di kota Jayapura, Kamis malam, tidak sampai menelan korban jiwa. Banjir di beberapa wilayah tersebut terjadi karena luapan air, akibat diguyur hujan sejak sore hingga malam hari.

Penjabat Sekda kota Jayapura, Robby Kepas Awi kepada sejumlah awak media di Jayapura, Jumat (21/7/2023) menyebutkan. Di beberapa titik terjadi banjir, setelah hujan yang mengguyur sejak jam empat sore hingga setengah delapan malam.

“Itu di beberapa titik terjadi banjir. Yang pertama di Saga Abepura, PTC Entrop, daerah Yapis dan juga ada beberapa titik di distrik Heram.” Ujar Robby Awi.

Dirinya mengakui, setelah melakukan koordinasi dengan BPBD, dinas Sosial dan PUPR, diketahui jika volume air sudah surut. Kendati demikian disebutkan, material-material yang terbawa akibat banjir  masih harus dibersihkan.

“Kita fokus di material di daerah Yapis. Oleh karena itu, pagi tadi kami sudah mengirim eksapator, untuk membantu warga mengangkut material.” Tandasnya.

Terkait adanya korban jiwa, Robby Awy tegas menyebutkan tidak ada korban. Namun demikian dikatakan, kerugian materil yang ditimbulkan akibat banjir dadakan tersebut, masih dihitung oleh dinas terkait.

Menyangkut wilayah PTC yang kerap menjadi langganan banjir, Robby Awi menyebutkan, pemerintah kota Jayapura akan melakukan koordinasi bersama dengan pemerintah Provinsi Papua, guna mencari jalan keluar dari masalah banjir di Kawasan tersebut.

Menghadapi musim penghujan, Pj. Sekda ini menghimbau warga kota Jayapura, khususnya yang tinggal di wilayah-wilayah rawan bencana, untuk tetap waspada.

“Untuk warga kota yang membangun rumah, terutama di lereng-lereng gunung, untuk selalu waspada dan tetap mengikuti arahan dari pemerintah lewat BMKG.” Imbaunya.

Dirinya juga meminta warga kota, untuk selalu membersihkan sampah-sampah, terutama yang ada diselokan-selokan. Dengan demikian, warga telah membantu pemerintah.