DAERAH  

Hadiri Bimtek Komoditas Peternakan di Merauke, Sulaeman Hamzah Dorong Masyarakat Lebih Maju dan Mandiri

Foto bersama usai pembukaan Bimtek

Merauke, Teraspapua.com – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua H. Sulaeman L. Hamzah menghadiri acara Bimbingan Teknis (BimTek) komoditas peternakan yang dilaksanakan di Distrik Semangga dan Tanah Miring, Merauke, Papua, Jum’at, (27/21).

Hadir juga dalam acara tersebut, Kepala BPTP Papua Martina Sri Lestari, Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah, Anggota DPRD Kabupaten Merauke Fraksi NasDem Johan Paulus, dan Sugiyanto, serta Ketua DPD Partai NasDem Merauke Jefry Tjahyadi Putra.

banner 325x300

Kegiatan ini merupakan bagian dari aspirasi Sulaeman Hamzah selaku Anggota Komisi IV DPR RI yang dilaksanakan oleh BPTP Papua yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian yang ada di Papua.

Materi Bimtek yang disampaikan terkait dengan ternak kambing, itik dan ayam yang diikuti oleh para kelompok tani penerima program. Selain bimtek dalam dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis bibit itik hasil inovasi Badan Litbang Pertanian sebanyak sebanyak 500 ekor.

Sulaeman Hamzah dalam sambutannya menyampaikan, kegitan bimtek yang dilaksanakan terselenggara berkat kerjasama bersama anggota Komisi IV DPR RI dengan BPTP Papua selaku kepanjangan tangan Kementerian Pertanian yang ada di daerah.

“Bimtek ini, dapat menjadi bekal bagi masyarakat untuk bergerak maju, memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan sehingga masyarakat dapat mengelola komoditas ternaknya dengan baik, memiliki produktivitas yang tinggi dan mampu memberikan kontribusi peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat.,” harapnya.

Kehadiran langsung Kepala BPTP Papua dalam kegiatan hari ini menunjukkan keseriusannya dalam melakukan diseminasi inovasi dan pendampingan teknologi agar masyarakat semakin maju dan mandiri.

Diakhir sambutannya, politisi NasDem asal Papua ini meminta kepada masyarakat agar menjaga dan memanfatkan dengan baik program aspirasi yang sudah berhasil diperjuangkan.

Dirinya, terus berkomitmen untuk menindaklanjuti aspirasi – aspirasi masyarakat yang disampaikan serta terus berusaha untuk membangun sektor pertanian, kelautan dan perikanan serta lingkungan hidup dan kehutanan di Papua agar lebih maju.

Anggota DPR Papua sekaligus Direktur Rumah Aspirasi H. Sulaeman Hamzah Fauzun Nihayah meminta kepada para kelompok tani penerima bantuan program ternak agar program yang didapat dikelola secara kelompok.

“Dan benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. “Kami tidak ingin mendegar berita, program yang diberikan hanya dikelola oleh individu-individu tertentu saja,” tegasnya.

Dalam sambutannya, dirinya juga menjelaskan, bahwa bantuan untuk ternak pada tahun ini mengalami keterlambatan, oleh karena beliau berharap masyarakat bersabar.

Terkait dengan Bimtek yang dilaksanakan Sekeretaris Komisi V DPR Papua tersebut, masyarakat diminta untuk memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang ada.

Dengan harapan, pasca pelaksanaan bimtek masyarakat memiliki keterampilan untuk mengelola program peternakan yang sudah diberikan.

Dr. Ir. Martina Sri Lestari, MP Kepala BPTP Papua dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP bertugas melakukan penelitian, diseminasi inovasi spesifik lokasi serta melakukan pendampingan teknologi yang ada di Provinsi Papua.

“Pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan cara berternak yang baik dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, masyarakat memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan yang pada akhirnya akan berdampak kepada peningkatan produktivitas peternakan dan kesejahteraan petani.

Selain itu Kepala BPTP Papua tersebut juga menyampaikan bahwa riset dan tekonologi sangat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kemajuan sektor pertanian Indonesia. Serta menjaga ketersediaan pangan nasional melalui peran para petani.

Martina Sri Lestari juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak H. Sulaeman L. Hamzah yang terus memperjuangkan dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat serta meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan dan mengelola aspirasi program yang sudah diberikan dengan sebaik mungkin. (Hidayatillah)